Buku Panduan Program


A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pada era globalisasi dan otonomi daerah, sumberdaya manusia yang memiliki keunggulan sangat dibutuhkan dalam pembangunan, yaitu manusia cerdas yang dapat bekerja keras agar dapat memberikan, menguasai dan menikmati kehidupan yang lebih maju. Sehingga sudah sewajarnya jika penekanan pembangunan Indonesia diarahkan pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia agar menguasai Iptek, cerdas, kreatif, bertanggung jawab, produktif serta sehat jasmani dan rohani yang pada gilirannya dapat memberi kontribusi positif terhadap pembangunan.

Dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas dapat dilakukan melalui; (1) Perluasan kesempatan memperoleh pendidikan; (2) Peningkatan relevansi dunia pendidikan dengan kebutuhan pembangunan; (3) Peningkatan mutu semua jenjang pendidikan serta (4) Efisiensi dan efektifitas dalam melaksanakan pendidikan. Fenomena ini di satu sisi mendorong lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas outputnya, sementara di sisi lain mendorong keinginan masyarakat untuk meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya murah, sehingga dapat mempercepat laju pembangunan terutama pembangunan di daerah. 

Sebagai partisipasi konkrit untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu telah membuka program Magister Perencanaan Pembangunan pada tahun 2006. Tujuan pendirian program Magister Perencanaan Pembangunan ini untuk menjembatani kesenjangan antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan daerah. Kesenjangan dimaksud dapat memperlambat percepatan pembangunan di daerah. Oleh karena itu, masyarakat terutama aparatur pemerintah dan dunia usaha di Bengkulu perlu dengan mudah dan murah meningkatkan jenjang pendidikannya agar dapat bersaing pada tingkat lokal, regional, nasional, dan global.

Selama ini aparatur pemerintah dan swasta yang akan melanjutkan studi S2 pada perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS), dilakukan dengan mengirim mereka ke luar Provinsi Bengkulu, khususnya di Pulau Jawa. Upaya ini mengalami kendala, selain memerlukan biaya yang besar, juga menyebabkan berkurangnya aparatur untuk menjalankan roda pemerintahan di daerah, padahal tenaga mereka sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, Pemerintah daerah di provinsi Bengkulu sangat mendukung pendirian program Magister Perencanaan Pembangunan Universitas Bengkulu. Berdasarkan fenomena tersebut sebagai Perguruan Tinggi sudah sepatutnya Universitas Bengkulu memberi kesempatan kepada mereka untuk melanjutkan studi dalam bidang perencanaan pembangunan di daerah sendiri dengan biaya murah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
Diberlakukannya UU No.32 tahun 2004 membawa dampak terhadap kebutuhan akan kesiapan SDM pada masing-masing daerah.  Bengkulu sebagai Provinsi yang relatif muda dan  kualitas SDM yang belum memadai dalam menyongsong era otonomi dan ditambah dengan tingginya semangat pemekaran wilayah mengakibatkan kebutuhan tenaga ahli yang profesional dalam bidang perencanaan pembangunan menjadi semakin tinggi. Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga perencana yang profesional dan sekaligus ikut membantu pemerintah daerah dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Bengkulu, Universitas Bengkulu mendirikan program Magister Perencanaan Pembangunan dengan SK Dirjen DIKTI   Nomor : 15/D/T/2006 tanggal  3 Januari 2006 dan telah diperpanjang dengan SK Dirjen DIKTI Nomor : 2147/D/T/2008 tanggal 14 Juli 2008.  Dengan terbitnya kembali SK Dirjen Dikti tersebut di atas menjelaskan bahwa Program Magister Perencanaan Pembangunan Universitas Bengkulu Telah memiliki Civil Effect Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi  yang dikuatkan dengan Surat dari Dirjen Dikti Nomor : 2428/D/T/2008 perihal Civil Effect Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi, yang pada point dua menyebutkan bahwa ”Merujuk surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : K26-30/V97-8/57 tanggal 1 Nopember 2004, maka ijazah perguruan tinggi negeri/swasta dinyatakan syah dan mempunyai civil effect bagi pembinaan karir pegawai negeri sipil sepanjang mempunyai izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan proses pembelajarannya sesuai dengan proses yang berlaku.
2. Visi
Menjadi institusi penyelenggara pendidikan Pasca Sarjana Perencanaan Pembangunan yang berdaya saing tinggi di wilayah Sumatera pada tahun 2018
3. Misi
Dalam rangka mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi yang dilaksanakan oleh Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu adalah:
1.    Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian & pengabdian pada masyarakat) yang berkualitas.
2.    Meningkatkan kualitas kompetensi dosen/tenaga pengajar dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
3.    Meningkatkan jaringan kerjasama dengan stakeholders baik yang bersifat nasional maupun internasional dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4.  Tujuan
Tujuan Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu adalah:  
1.    Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang perencanaan pembangunan atau keuangan daerah.
2.    Menyiapkan lulusan yang trampil menggunakan berbagai alat analisis di bidang perencanaan pembangunan atau keuangan daerah.
3.    Menyiapkan lulusan yang mampu bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat.
4.    Menyiapkan lulusan yang memiliki sikap profesional, adaptif, antisipatif, dan  kreatif
5.  Sasaran:
1.        Dihasilkannya  lulusan yang mempunyai keahlian di bidang perencanaan pembangunan atau di bidang keuangan daerah.
2.        Dihasilkannya lulusan yang memiliki daya saing dan mampu beradaptasi dalam dunia kerja.
3.        Dihasilkannya lulusan yang mampu mengantisipasi dinamika pembangunan ekonomi
6.  Landasan Hukum MPP - UNIB
Landasan hukum pendirian program Magister Perencanaan Pembangunan (MPP) UNIB adalah:
1.        Undang-Undang Dasar 1945.
2.        Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 1989.
3.        Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.
4.        Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 1999.
5.        Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
6.        Kepmendiknas Nomor 234/U/2000 Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.
7.        Kepmendiknas Nomor 045/U/2002 Tentang KurikulumInti Pendidikan Tinggi.
8.        Keputusan Dirjen DIKTI DEPDIKNAS Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 Tentang pedoman pembukaan program studi dan atau jurusan.
9.        Keputusan Dirjen DIKTI DEPDIKNAS Nomor 15/D/T/2006 Tentang penyelenggaraan program studi Perencanaan Pembangunan ( S2 ) pada  Universitas  Bengkulu.
10.     Keputusan  Dirjen DIKTI DEPDIKNAS Nomor : 2147/D/T/2008 Tentang perpanjangan izin penyelenggaraan program studi Perencanaan Pembangunan ( S2 ) pada  Universitas  Bengkulu.
B.   Bentuk dan Nama Program
Penentuan jurusan dan struktur organisasi masing-masing Fakultas di lingkungan Universitas Bengkulu diatur berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0169/0/1995, tanggal 18 Juli 1995. Dalam surat keputusan tersebut dijelaskan mengenai bagian-bagian organisasi serta tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor :15/D/T/2006 tentang Penyelenggaraan program studi Perencanaan Pembangunan (S2) pada Universitas Bengkulu resmi berdiri dan diperpanjang kembali dengan Surat Keputusan Nomor : 2147/D/T/2008.
Adapun bentuk struktur organisasi Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu yang dimaksud dapat dilihat pada bagan (organization chart ) berikut.


STRUKTUR ORGANISASI  PASCA SARJANA PERENCANAAN PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI  UNIVERSITAS BENGKULU

Koordinator Pasca
PR I UNIB
 
 














C.   Lembaga Penunjang Kegiatan Pendidikan
1. Lembaga Penelitian
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi mendapat dukungan dari lembaga yang ada dalam lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu terutama dari LP2EM FE UNIB. Berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa telah dilaksanakan oleh Program Magister Perencanaan Pembangunan sejak mulai berdiri hingga sekarang ini.

Pada saat ini, Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu bertindak sebagai koordinator dan pelaksana kegiatan-kegiatan penelitian yang dilaksanakan Universitas Bengkulu, baik dengan dana yang berasal dari Dirjen Dikti seperti: Penelitian Dosen Muda, Penelitian Kajian Wanita, Penelitian Dasar, Penelitian Hibah Bersaing, dan Penelitian RUKK; maupun sumber dana dari kerjasama dengan instansi Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, setiap kegiatan penelitian yang berasal dari dosen dan mahasiswa Program Magister Perencanaan Pembangunan Universitas Bengkulu, juga dikoordinasikan dengan Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu.
Berbagai penelitian/kajian yang telah melibatkan dosen dan mahasiswa, antara lain seperti; penelitian Pendapatan Asli Daerah Kota Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bengkulu, Kajian Peluang dan Investasi Kabupaten Bengkulu Utara bekerjasama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Penelitian Potensi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mukomuko bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko, dan beberapa penelitian bekerjasama dengan Bank Indonesia yang sampai pada saat sekarang ini masih terus dilakukan.
2.  Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat
Selain itu, pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat juga bekerja sama dengan pemerintah daerah seperti pelatihan. Sebagai indikasi kemapanan, telah banyak kerjasama baik dengan pemerintah maupun dengan swasta dilaksanakan Program Magister Perencanaan Pembangunan FE UNIB. Fasilitas dan perangkat pendukung seperti peralatan dan tenaga pada lembaga ini sangat cukup memadai.
Kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dikoordinasikan dengan  Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat  Universitas Bengkulu dan instansi pemerintah sesuai dengan bidang yang terkait..
3. Laboratorium
Laboratorium yang ada di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dilakukan oleh LP2EM (Laboratorium Pengkajian Pembangunan Ekonomi Maasyarakat) merupakan laboratorium yang penggunaannya diperuntukkan untuk mahasiswa dari 2 program studi (resources sharing) yaitu mahasiswa S1 reguler Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Mahasiswa Prodi MPP.  Selain itu juga laboratorium Komputer milik Jurusan Ekonomi Pembangunan yang dapat digunakan dalam perkuliahan di prodi MPP.
Laboratorium komputer ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti ruangan ber-Ac dan fasilitas komputer yang lengkap sehingga mampu mengakses internet (microsoft explorer), surat elektronik (e-mail), serta PC multimedia dengan fasilitas aplikasi soft-ware  pengelolaan data seperti SAS (Statistic Analysis System), Windows, lindo, linux serta program aplikasi komputer Statistical Packet for Social Science (SPSS) tersedia di laboratorium komputer.  Semua fasilitas tersebut dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa Progam Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu Dosen dan Mahasiswa dapat melakukan akses internet dalam kegiatan proses pembelajaran, baik terstruktur di dalam kelas maupuan belajar mandiri.
Selain itu, sebagai bentuk dukungan Fakultas Ekonomi dan Universitas Bengkulu dalam proses perkuliahan, maka mahasiswa Program Magister Perencanaan Pembangunan  Fakultas Ekonomi dapat melakukan akses ke unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer Universitas Bengkulu (UPT-Puskom UNIB) dan Laboratorium Bahasa Inggris yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Bahasa Inggris Universitas Bengkulu (UPT Bahasa Inggris UNIB).

4. Perpustakaan
Gedung perpustakaan pusat yang dimiliki Universitas Bengkulu merupakan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan. Dengan menggunakan pendekatan resource sharing process, perkuliahan pada Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu telah didukung oleh Perpustakaan Pusat Universitas Bengkulu dengan berbagai fasilitas seperti buku teks ilmiah, referensi ilmiah, jurnal ilmiah, majalah ilmiah, publikasi ilmiah hasil seminar, workshop, pelatihan, publikasi hasil penelitian, publikasi hasil pengabdian pada masyarakat, dan buletin ilmiah. Jumlah buku yang dikelolah Universitas Bengkulu terdiri dari 23.100 judul, dengan jumlah koleksi sebanyak 60.321 eksemplar. Khusus berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan pada Fakultas Ekonomi  berjumlah 1.530 judul dan ilmu Ekonomi berjumlah 3.049 judul.

Di samping itu, Program Magister Perencanaan Pembangunani Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu juga didukung Perpustakaan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi yang memiliki Koleksi terdiri dari buku teks ilmiah, referensi ilmiah, jurnal ilmiah, majalah ilmiah, skripsi mahasiswa, hasil seminar, workshop, hasil penelitian, hasil pengabdian pada masyarakat, dan buletin ilmiah. Jumlah koleksi Perpustakaan Unit Fakultas Ekonomi sebanyak 2.200 judul dengan eksemplar sebanyak 5.498 buah, (lihat tabel 2).

Untuk meningkatkan pelayanan dan pengguna jasa perpustakan kepada mahasiswa, Perpustakaan Universitas Bengkulu menggunakan elektronik net-work dalam bidang perpustakaan. Dengan cara ini diharapkan dapat mempermudah akses mahasiswa untuk memperoleh bahan-bahan Ekonomi yang diperlukan, baik dari perpustakaan sendiri maupun pada perpustakaan luar Universitas Bengkulu. Selain itu, Fakultas Ekonomi dan jurusan IESP terus berupaya meningkatkan jumlah koleksi buku sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tabel   1.   Profile Koleksi Bahan Pustaka  Pada Perpustakaan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu
Jenis Bahan
Pustaka
Tahun Penerbitan
TOTAL
1-2 tahun
Terakhir
3-5 tahun
Terakhir
>5 tahun
Judul
Copi
Judul
Copi
Judul
Copi
Judul
Copi
Buku Teks
68
149
407
1614
683
2673
1158
4436
Jurnal
62
63
7
-
-
-
69
63
Tesis
45
-
-
-
-
-
45
-
Majalah
7
13
-
-
-
-
7
-
Buku Refensi
23
43
46
88
42
71
111
202
Lap.Penelitian
2
3
-
10
-
-
2
13
CD-ROM
30
30
-
-
-
-
30
30
Lain-lain
10
11
1
40
-
-
11
51
TOTAL
232
312
461
1752
725
2744
1418
4795

5.    Staf Akademik dan Pengembangannya
5.1.       Profil Staf Akademik
Jumlah dosen pada Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi UNIB saat ini berjumlah 29 orang  yang memiliki kualifikasi akademik yang tinggi dengan keahlian yang beragam (lihat tabel 2).  Khusus untuk tenaga pengajar, program studi MPP memiliki 15 orang. Kualifikasi staf pengajar ditunjukkan dengan jumlah doktor sebanyak 11 orang dan 2 orang profesor. Staf akademik yang kuat ini mendapat dukungan pula dari staf administrasi yang memadai.
Tabel 2. Daftar Nama Dosen Tetap MPP FE- UNIB
No
Nama Dosen
Perguruan Tinggi
No
Nama Dosen
Perguruan Tinggi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Prof.Dr. Zulkifli Husin, SE, M.Sc
Maswedar H. Adji, MA
Nining I. Soesilo. P.hD
Dr. Latif Adam
Dr .Kodrat Wibowo
Prof. Sigit Nugroho, P.hD
Handoko H, SE, MS, P.hD
Dr .Moch. Ridwan,SE,MS,
Abduh, SE, M.Sc, P.hD
Retno Agustina, P.hD
Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Dr
Lizar Alfansi, SE, MBA, P.hD
Dr. Syaiful, SE.Ak. M.Sc
Ketut Sukiyono, Ir, M.Ec, P.hD
Heri  Sunaryanto, P.hD
UNSYIAH
BAPPENAS
UI
LIPI
UNPAD
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Sunoto, SE, M.Si
Yusnida, SE, M.Si
Dra. Purmini, M.Sc
Merri Anitasari, SE,MA
Bambang Agoes H, SE, M.Sc
Benardin, SE, MT
B.I.E Indraswati,SE, M.Si
Edi Rahmantyo, SE, M.Sc
Hutapia, SE, ME.
Lela Rospida, Ir, MM
Muhammad Rusdi,SE,M.Si
Roosemarina Rambe,SE, MBM
Yefriza, SE, MPPM.
Drs. Aris Almahmudi, MA.Ec

UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB


D.   Bidang Ilmu Yang Diselenggarakan
Bidang Ilmu yang diselenggarakan adalah Ilmu Perencanaan Pembangunan dengan dua kosentrasi yaitu Kosentrasi Perencanaan Pembangunan  dan Kosentrasi Keuangan Daerah.  Dengan program ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daerah di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang pada gilirannya akan bermanfaat  dalam pengelolaan sumber daya  yang ada di daerah.

E.    Kualifikasi Kompetensi keluaran yang diharapkan.
Kompetensi Lulusan Program Pasca Sarjana  Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitasa  Bengkulu yaitu :
1.    Kompetensi Utama :
a.  Pengetahuan dan Pemahaman ( Knowledge and Understanding) :
1.    Memahami Teori dan konsep mikro dan makro ekonomi secara baik dan mendalam.
2.    Memahami dasar-dasar teori ekonomi perencanaan pembangunan.
3.    Mengerti dan memahami  asas perencanaan pembangunan daerah/ pengelolaan keuangan daerah. 
b.  Ketrampilan Intelektual ( Intellectual  Skill).
1.      Mempunyai kemampuan untuk menganalisis  perencanaan pembangunan daerah
2.      Menguasai  model pengelolaan wilayah/pengelolaan keuangan daerah.

c.  Keterampilan Praktis, (Practical  Skill) :
1.      Menguasai  teknik-teknik perencanaan pembangunan/pengelolaan keuangan daerah dan penerapannya dalam berbagai aspek pembangunan daerah
2.      Mampu mengoperasikan softwares dan pengaplikasiannya dalam perencanaan pembangunan/keuangan daerah
3.      Menguasai cara mengindentifikasi potensi pembangunan
4.      Mampu melakukan adaptasi terhadap isu-isu perencanaan pembangunan/keuangan daerah

d.  Keterampilan Managerial dan Sikap (Managerial  Skill and Attitude) :
1.    Mampu berkomunikasi secara aktif
2.    Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
3.    Mampu bekerja sama dalam tim
4.    Mampu menyesuaikan diri dengan cepat  di lingkungan kerja.

2.    Kompetensi Pendukung:
a.          Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding).
1.    Mengetahui cara membuat model perencanaan pembangunan daerah dengan berbagai karakter yang berbeda.
2.    Mampu menganalisa dengan baik model perencanaan pembangunan daerah
b.         Ketrampilan Intelektual (Intellectual  Skill).
1.    Menguasai cara mendata potensi daerah dengan baik dan mengelola secara optimal.
2.    Mampuy menganalisis secara tajam dan mendaalam potensi daerah
c.          Keterampilan Praktis (Practical Skill)
1.    Menguasai  teknik dan manajemen pembangunan wilayah dan kota.
2.    Menguasai cara mengindentifikasi potensi pembangunan
d.         Keterampilan Managerial dan Sikap (Managerial  Skill and Attitude)
1.    Memiliki sikap menghargai orang lain
2.    Mampu memahami orang lain

F.    Kurikulum

Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dapat diselesaikan dalam waktu delapan belas bulan, tidak termasuk matrikulasi. Matrikulasi ditujukan khusus untuk memberikan dasar – dasar bagi mahasiswa baru program Magister Perencanaan Pembangunan sebelum mengikuti perkuliahan yang terdiri dari 8 SKC atau setara dengan 4 mata kuliah antara lain Matematika, Statistik, Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro. Para peserta yang diterima diwajibkan untuk mengambil mata kuliah matrikulasi. Matrikulasi dapat diselesaikan dalam waktu satu setengah bulan dengan 150 menit tatap muka per minggu per mata kuliah.  Dalam satu minggu ada satu kali tatap muka untuk setiap mata kuliah, sehingga dalam satu setengah bulan  ada 15 jam tatap muka per mata kuliah.

Mata Kuliah program Magister Perencanaan Pembangunan adalah 36 SKC atau setara kredit per catur wulan dengan dua belas Mata Kuliah ditambah Tesis  6 SKC.  Jika mahasiswa (graduate courses) jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) dengan maksimal tahun kelulusan 2 (dua) tahun langsung mengikuti program tanpa matrikulasi, berarti mahasiswa yang bersangkutan harus mengambil kredit sebanyak 12 SKC atau setara dengan empat mata ajaran pada setiap Catur Wulan.  Pada Catur Wulan keempat mahasiswa diharuskan menyelesaikan tugas akhir, yaitu penyusunan Tesis dengan bobot angka kredit sebesar 6 SKC.

Sasaran yang ingin dicapai oleh program ini adalah untuk mencetak tenaga profesional di bidang Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Lulusan program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu diharapkan akan menjadi tenaga analis, perencana dan pengambil kebijakan baik di korporasi dan institusi baik swasta maupun pemerintah yang berwawasan nasional, regional dan global, sehingga institusi yang dipimpinnya akan mampu mengantisipasi setiap dinamika yang terjadi di masyarakat.
Kurikulum Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi UNIB disusun berdasarkan kompetensi dengan memperhatikan tuntutan pembangunan daerah. Penyusunan kurikulum program Pascasarjana ini dilakukan dengan memperhatikan dan merujuk pada kurikulum Program Pasca sejenis pada perguruan tinggi lain di Indonesia. Kurikulum program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu adalah sebagai berikut:
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
EKONOMI MIKRO
EKONOMI MAKRO
EKONOMI PEMBANGUNAN
EKONOMETRIKA TERAPAN
METODOLOGI PENELITIAN
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
ANALISIS PROYEK PEMBANGUNAN
THESIS
3
3
3
3
3
3
3
6
MWP 601
MWP 602
MWP 603
MWP 604
MWP 605
MWP 606
MWP 607
MWP 608
JUMLAH
27

1.1.  Kosentrasi Perencanaan Pembangunan
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
5
EKONOMI PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN
EKONOMI PERKOTAAN DAN WILAYAH
TEKNIK PERENCANAAN PEMBANGUNAN
EKONOMI SUMBERDAYA ALAM
SEMINAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN
3
3
3
3
3
MPP 621
MPP 622
MPP 623
MPP 624
MPP 625

JUMLAH
15

1.2. Kosentrasi  Keuangan Daerah
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
5
PENDANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
EKONOMI PUBLIK
EKONOMI PERPAJAKAN
MANAJEMEN KEUANGAN PUBLIK
SEMINAR KEUANGAN DAERAH
3
3
3
3
3
MKD 611
MKD 612
MKD 613
MKD 614
MKD 615

JUMLAH
15

2.     Mata Kuliah Menurut Catur Wulan
2.1. Konsentrasi  Perencanaan Pembangunan
Catur Wulan I
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
EKONOMI MIKRO
EKONOMI MAKRO
EKONOMI PEMBANGUNAN
ANALISIS PROYEK PEMBANGUNAN
3
3
3
3
MWP 601
MWP 602
MWP 603
MWP 607

JUMLAH
12

                Catur Wulan II
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
EKONOMI PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN
TEKNIK PERENCANAAN PEMBANGUNAN
METODOLOGI PENELITIAN
EKONOMETRIKA TERAPAN
3
3
3
3
MWP 621
MPP 623
MPP 605
MWP 604

JUMLAH
12

Catur Wulan III
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
EKONOMI SUMBER DAYA ALAM
SEMINAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN
EKONOMI PERKOTAAN DAN WILAYAH
3
3
3
3
MWP 606
MPP 624
MPP 625
MPP 622

JUMLAH
12

Catur Wulan IV
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
THESIS
6
MWP 608

JUMLAH
6

2.2. Kosentrasi Keuangan Daerah
Catur Wulan I
NO
MATA AJARAN
SKC
KODE
1
2
3
4
EKONOMI MIKRO
EKONOMI MAKRO
EKONOMI PEMBANGUNAN
ANALISIS PROYEK PEMBANGUNAN
3
3
3
3
MWP 601
MWP 602
MWP 603
MWP 608

JUMLAH
12

Catur Wulan II
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
EKONOMI PUBLIK
MANAJEMEN KEUANGAN PUBLIK
METODOLOGI PENELITIAN
EKONOMETRIKA TERAPAN
3
3
3
3
MKD 612
MKD 614
MWP 605
MWP 604

JUMLAH
12

Catur Wulan  III
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
2
3
4
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PENDANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
SEMINAR KEUANGAN DAERAH
EKONOMI PERPAJAKAN
3
3
3
3
MWP 606
MKD 611
MKD 615
MKD 613

JUMLAH
12


Catur Wulan IV
NO
MATA KULIAH
SKC
KODE
1
THESIS
6
MWP 608

JUMLAH
6

G.  PERATURAN AKADEMIK
1.     Sistem Studi Program MPP Unib
a.  Waktu penyelesaian studi normal 4 caturwulan (18 bulan). Jangka waktu penyelesaian studi maksimum adalah 3 tahun.
b.  Jumlah beban studi mahasiswa adalah 42 SKC, tidak termasuk program matrikulasi.
c.  Bagi mahasiswa program MPP Unib yang merupakan lulusan S1 dari program studi Ekonomi Pembangunan dalam waktu tidak lebih 2 tahun yang lalu, diperbolehkan untuk mengikuti kuliah tanpa matrikulasi.
d.  Bagi mahasiswa yang belum selesai sampai batas waktu normal yang ditentukan, maka mahasiswa yang bersangkutan diberi kesempatan untuk mengulang dengan dibebani biaya per-catur wulan yang besarnya akan ditentukan oleh program.
e.  Bagi mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan batas waktu maksimal, maka mahasiswa bersangkutan dinyatakan drop out (DO).
f.    Mahasiswa belum dinyatakan lulus apabila pada akhir program belum mempunyai skor TOEFL 400 dan cakap dalam English Conversation.
g.  Mahasiswa yang menyatakan stop out (SO) semasa studi tidak diperhitungkan dalam menghitung jangka waktu penyelesaian studi normal dan maksimum, dan pengajuan izin SO dapat dilakukan hanya 2 catur wulan (8 bulan) dan tidak dilakukan secara berturut-turut.
2.     Rencana Studi Mahasiswa
a.  Pada awal caturwulan mahasiswa harus mengisi kartu rencana studi (KRS) dengan dibimbing oleh pembimbing akademik (PA) yang ditunjuk.
b.  Pada waktu mengisi KRS, setiap mahasiswa harus melampirkan Laporan Hasil Studi (LHS) dari cawu paling akhir yang telah ditempuh.
c.  Dalam mengisi KRS, mahasiswa harus mencantumkan kode dan nama mata kuliah.
3.     Batas Nilai Mata Kuliah Minimum
Dalam menyelesaikan studi, nilai mata kuliah minimum adalah C+  (C plus).
4.     Syarat Penerimaan Mahasiswa Pindahan
a.  Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi yang sama atau setara dengan Program MPP Unib.
b.  Alasan kepindahan ditunjukkan dengan bukti-bukti yang kuat dan sah.
c.  Mahasiswa pindahan pada poin satu (1) tidak dalam proses dikeluarkan dari perguruan tinggi asal karena proses drop out atau sebab lain yang dikuatkan dengan rekomendais dari Direktur Program MPP dari perguruan tinggi asal.
d.  IPK minimal bagi mahasiswa pindahan adalah 2,50
e.  Mahasiswa pindahan harus lulus tes administrasi dan evaluasi konfersi yang diselenggarakan oleh program MPP Unib.
f.    Mahasiswa pindahan harus mengikuti ketentuan akademik, kurikulum dan jangka waktu studi yang berlaku di Program MPP Unib.
g.  Jangka waktu studi mahasiswa disesuaikan dengan batas waktu program studi yang ditempuhnya di program MPP Unib yang dihitung pada saat mulai terdaftar pada perguruan tinggi asal sebelum pindah ke program MPP Unib.
h.  Mahasiswa yang ingin pindah ke program MPP Unib harus mengajukan permohonan kepada Direktur Program MPP Unib dengan melampirkan persyaratan termaksud pada pasal ini.
i.    Program MPP Unib dapat menerima mahasiswa pindahan pada saat dibukanya pendaftaran mahasiswa baru, atau pada saat permulaan Cawu setelah mahasiswa pindahan tersebut dievaluasi.
5.     Peraturan Perkuliahan
a.  Perkuliahan diselenggarakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
b.  Segenap mahasiswa, staf administrasi, dan dosen senantiasa menjaga dan mentaati peraturan yang telah dibuat.
6.     Mahasiswa
a.  Terdaftar sebagai mahasiswa Program MPP Unib.
b.  Mahasiswa wajib hadir minimum 75 % dari jadwal tatap muka yang ditentukan.
c.  Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan pada poin (b)di atas dan tanpa alasan yang kuat dan sah, maka kepada mahasiswa tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Program MPP
d.  Mahasiswa wajib menjaga ketenangan dan ketertiban kuliah.
e.  Mahasiswa wajib berpakaian rapi dan pakai dasi bagi mahasiswa pria.
f.    Mahasiswa wajib menandatangani absensi (daftar hadir) kuliah.
g.  Mahasiswa yang terlambat selama 30 menit setelah kuliah dimulai, tidak diperkenankan mengikuti kuliah pada saat itu.
7.     Dosen
a.  Dosen pengasuh mata kuliah berhak melaksanakan ujian akhir apabila telah melakukan tatap muka 100% dari seluruh jadwal kuliah.
b.  Dosen wajib memberikan perkuliahan secara penuh baik dalam arti waktu, maupun materi sesuai dengan SAP.
c.  Dosen wajib mempersiapkan diskripsi, silabus dan SAP dan memberikannya kepada mahasiswa.
d.  Dosen wajib berpakaian rapi dan memakai dasi bagi dosen pria.
  
8.    Tesis
Tesis merupakan mata kuliah pembulat yang berbentuk laporan hasil kegiatan penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah yang bersifat teoritis konseptual berdasarkan analisis data sebagai salah satu syarat dalam penyelesaian studi pada Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu. Pembuatan Tesis dilakukan dengan beberapa ketentuan;
·   Tesis ditulis dalam bahasa Indonesia, dengan abstrak dapat ditulis dalam bahasa Inggris  Bagi peserta asing Tesis dapat ditulis dalam bahasa inggris dengan abstrak dalam bahasa Indonesia.
·   Beban penulisan Tesis adalah 6 SKC termasuk seminar usulan penelitian dan atau seminar hasil penelitian.
·   Proses penyusunan Tesis dilakukan pada Catur Wulan ke 3 karena mahasiswa dianggap sudah memahami sejumlah pengetahuan pokok dan pengetahuan khusus program studinya.

Ketentuan lebih detail tentang penyusunan Tesis akan diatur  dalam buku pedoman penyusunan Tesis.

H.   Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran/pengajaran pendidikan Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu terdiri dari antara lain; tatap muka dan tutorial yang dilakukan oleh dosen pengasuh mata kuliah beserta tim dosen, tugas terstruktur berupa penyusunan makalah, diskusi dan seminar, tugas mandiri berupa penelusuran data, dan literatur ekonomi. Tugas tersebut dilakukan sesuai dengan arahan dan bantuan serta bimbingan tim dosen dan dosen pengasuh mata kuliah.

Mata kuliah alat dan aplikasi seperti Ekonometrika Terapan, Evaluasi Proyek, dan beberapa mata kuliah konsentrasi dan mata kuliah dasar sebagian akan dilakukan  pratikum dengan menggunakan  komputer, dan dibantu oleh  tim dosen. Program studi dengan bantuan asisten dosen juga memberikan jadwal waktu untuk asistensi mata kuliah tertentu di luar jadwal kuliah. Dalam proses pembelajaran juga dilakukan evaluasi, baik ujian mid, ujian akhir, diskusi, makalah, presentasi, tugas-tugas lain, ujian proposal tesis,  seminar tesis,  dan ujian tesis.
1.   Dosen Pembimbing   
Dosen pembimbing bertugas memberikan bimbingan, arahan dan pedoman bagi mahasiswa berkaitan dengan masalah akademik dan penyelesaian studinya. Dosen pembimbing adalah staf pengajar yang terlibat dalam proses pembelajaran pada program Magister Perencanaan Pembangunan UNIB. Dosen pembimbing ini juga berkewajiban untuk menghubungkan kepentingan mahasiswa dengan dosen pengasuh matakuliah, pengasuh pratikum, dan dosen pembimbing tesis. Dosen Pembimbing satu ditentukan Minimal Strata 3 (doktor) dan pembimbing dua Minimal Strata 2 (Master).
2.    Pembimbing Tesis      
Pembimbing tesis adalah dosen pengasuh mata kuliah pada Progam Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dan atau Guru Besar atau Doktor dibidang Ekonomi dan atau yang mengajar pada Perguruan tinggi lain yang bersedia menjadi pembimbing penulisan Tesis dan berkualifikasi. Mekanisme pengaturan  pembimbingan Tesis dilaksanakan menurut buku pedoman penyusunan tesis yang dikeluarkan program magister perencanaan pembangunan dibawah tanggungjawab ketua program. Penunjukan dosen pembimbing Tesis disesuaikan dengan bidang keahlian dosen dan menurut konsentrasi  mahasiswa yang akan menulis Tesis. 
3.   Ujian Proposal Tesis
Ujian proposal ditujukan untuk memberikan perbaikan dan penyempurnaan proposal penelitian tesis mahasiswa khususnya berkenaan dengan masalah metodologi penelitian yang digunakan. Ujian proposal dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing tesis, dan dihadiri oleh dosen pembimbing, dan dua orang dosen penguji.
4.    Seminar hasil penelitian
Seminar hasil penelitian dilakukan setelah mahasiswa mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing satu  da pembimbing dua. Seminar tesis dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari peserta seminar hasil.  Adapun peserta seminar hasil adalah dosen pembimbing satu dan dua dan diikuti oleh para undangan yang terdiri dari dosen program MPP dan diikuti paling sedikit lima orang peserta seminar dari mahasiswa program MPP cawu IV.
5.   Ujian Tesis.
Ujian tesis ditujukan untuk memberikan perbaikan dan penyempurnaan tesis. Ujian tesis dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing tesis, dan dihadiri oleh dosen pembimbing, dan dua orang dosen penguji.  Jika telah lulus dalam ujian tesis, mahasiswa berhak mengikuti yudisium dan wissuda.
6.   Evaluasi Perkuliahan
Evaluasi kegiatan perkuliahan pada masing-masing konsentrasi dilakukan pada setiap akhir Catur Wulan dengan ketentuan sebagai berikut:               
1.  Skala penilaian adalah Skala 4, dengan symbol  (A, B, C, dan D)
·     A mempunyai nilai 4,00
·     A – mempunyai nilai 3,75
·     B + mempunyai nilai 3,25
·     B mempunyai nilai 3,00
·     B - mempunyai nilai 2,75
·     C + mempunyai nilai 2,25
2.    Nilai minimal IPK kelulusan untuk Program Magister (M.Si)  adalah  2,50
3.    Nilai Mata Kuliah Konsentrasi minimal  B
4.    Nilai tesis minimal B
5.    Tidak boleh memiliki nilai C lebih dari 2 mata kuliah
6.    Predikat kelulusan program magister perencanaan pembangunan adalah :
-       IPK 2,75 s.d 3,40 lulus dengan predikat  Memuaskan
-       IPK 3,41 s.d 3,70 lulus dengan predikat Sangat Memuaskan
-       IPK ³ 3,71  lulus dengan predikat Pujian
7.    Penilaian dan Ujian    
Untuk mengeavaluasi tingkat penguasaan ilmu yang diterima mahasiswa maka evaluasi dilakukan secara bertahap, yaitu penilaian tengah Catur Wulan, tugas-tugas dan penilaian akhir Catur Wulan, seminar dan diskusi serta penugasan. Untuk menjaga kualitas lulusan, penilaian dilakukan dengan cara dan atau penggabungan cara:
1.        Ujian tertulis             
2.        Penugasan
3.        Seminar dan diskusi
4.        Penulisan laporan dan makalah

Tabel 7. Metode Penilaian Progam Studi
No
Komponen Penilaian
Bobot (%)
1
Ujian Tertulis
65
2
Tugas Laporan makalah Seminar,  Diskusi & Presentasi
20
3
Kehadiran / Absensi
15

Jumlah
100

8.  Penilai / Penguji
Penguji adalah pengasuh atau dosen matakuliah pada Program studi Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu. Mereka berkualifikasi sekurang-kurangnya Master/Magister dan atau Lektor Kepala. Mereka juga dapat berasal dari lembaga pendidikan atau universitas  lain atau perorangan yang ahli setara dalam kualifikasi keilmuan yang berasal dari lembaga pendidikan (universitas). Penguji/penilai diusulkan oleh program studi, sepengetahuan Dekan Fakultas Ekonomi. Selanjutnya mereka akan ditetapkan dengan surat keputusan Ketua Program studi Magister Perencanaan Pembangunan untuk melaksanakan tugas sebagai penguji.
9.    Penguji Ujian Akhir (Tesis)
Ujian Tesis diselenggarakan oleh sekretariat Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan, dengan ketentuan sebagai berikut :
1.        Ujian Tesis dilaksanakan setelah ada persetujuan dari pembimbing Tesis berupa pembubuhan tanda tangan pada lembar pengesahan pada Tesis mahasiswa.
2.        Ujian Tesis  terdiri dari 3 orang termasuk pembimbing tesis.
3.        Ujian Tesis dipimpin oleh Pembimbing Utama yang bertindak sebagai ketua sidang sekaligus  penguji, yang bertugas mengatur jalannya ujian.
4.        Lama ujian Tesis kurang lebih 2 jam
5.        Hasil ujian dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu;
1).    Peserta dinyatakan Lulus
a)       Lulus secara langsung tanpa perbaikan
b)       Lulus dengan syarat, yaitu peserta dinyatakan lulus tetapi masih harus melakukan perbaikan atau perubahan Tesis.
2).    Tidak Lulus
a)       Peserta yang tidak lulus dalam ujian dan berkewajiban memperbaiki Tesis serta menempuh ujian ulang dalam waktu maksimal 3 bulan
b)       Tidak lulus mutlak. Peserta harus melakukan perubahan masalah dan judul tesis serta melakukan penelitian ulang.


LAMPIRAN 1:  Diskripsi Mata Kuliah

EKONOMI MIKRO

Deskripsi Matakuliah

Mata ajar ini membahas prinsip-prinsip ekonomi terutama mikroekonomi yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis kebijakan publik. Dengan mempelajari bagaimana individu (baik rumah tangga maupun perusahaan) membuat keputusan dan berinteraksi di pasar, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang potensi dan batasan dari sebuah kebijakan publik.
Melalui mata ajar ini, mahasiswa akan diajarkan pada berbagai peralatan mikroekonomi yang sangat berguna dalam menjelaskan dunia nyata dan kaitannya dengan kebijakan publik termasuk kerangka berpikir analisis dalam memecahkan masalah. Mata ajar ini akan dapat diikuti dengan baik jika mahasiswa telah dapat menguasai pengetahuan dasar kalkulus dan pemahaman diagram, dimana sebagian besar kegiatan pengajaran akan menggunakan bahasa diagram dan matematis selain dari bahasa verbal.
Tujuan Pengajaran
Setelah mengikuti keseluruhan kegiatan pengajaran ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dasar-dasar mikroekonomi yang dapat digunakan untuk menganalisa kebijakan publik, yang terdiri dari konsep dasar permintaaan dan penawaran terhadap kesejahteraan, peran kebijakan publik dalam mempengaruhi kesejahteraan, dan dalam mengatasi kegagalan pasar, seperti kebijakan perpajakan, subsidi, eksternalitas, dan kebijakan yang terkait dengan ketidaksempurnaan pasar (inperfect market).

Bahan Bacaan

1.        Mankiw, Gregory, (2004), Principle of economics, 3rd edition, Thompson: South Westen, Ohio, (M).
2.        Apgar, William C. & James Brown, (1997), Mikroekonomics and Public Policy, Scott, Foreman and Company (A).
3.        Pindyck, Robert S. & D.L. Rubinstein, (2001), Microeconomic, 5th edition, Prentice Hall (P).

ANALISIS PROYEK  PEMBANGUNAN
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah Analisis Proyek akan memberikan pemahaman mengenai bagaimana menilai kelayakan proyek, terutama proyek-proyek publik yang umumnya tidak profit-oriented. Investasi pada proyek-proyek publik selain bertujuan memberikan nilai ekonomi (financial return) yang tinggi, terutama bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat (social-economic return) melalui efisiensi penggunaan sumber daya yang persediaannya semakiin terbatas.
Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana menentukan layak tidaknya suatu investasi atau bagaimana mengupayakan agar suatu investasi proyek menjadi layak dilaksanakan; yang dapat dilihat dari susut pandang investor pemilik dana, dari sudut pandang pemerintah dan sudut pandang masyarakat luas. Hal-hal apa yang harus diperhatikan untuk mengurangi kegagalan proyek terutama proyek-proyek publik yang tidak dapat dilepaskan dari peraturan, kebijakan pemerintah, keadaan dan situasi ekonomi, dll.
Kuliah ini akan mencakup pemahaman mulai dari pengertian investasi, kegiatan dan proyek, perencanaan proyek, monitoring dan evaluasi proyek (ex-ante; on-going dan ex-post project evaluation). Untuk itu mahasiswa akan mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana kita dapat menghitung kelayakan proyek dengan penekanan pada proyek-proyek publik yang outputnya biasanya bukan merupakan tujuan utama investasi, seperti proyek jalan, proyek pasar, jembatan, sekolah, rumah sakit, dll. Proyek-proyek publik baru dapat dinyatakan berhasil bila sudah terlihat (outcome atau fungsi dari output) dan dirasakan manfaatnya (benefit dan goal) bagi perekonomian dan masyarakat luas. Bagaimana kita dapat menghitung nilai manfaat suatu proyek yang nilai manfaatnya sulit (tetapi dengan metode yang ada dapat) dikuantifisir, misalnya nilai sehat, pandai, nilai indah, bersih, nyaman, lancar, dll yang merupakan tujuan pembuatan output proyek-proyek publik tersebut.
Tujuan Perkuliahan
Tujuan dari mata kuliah ini adalah:
1.        Membekali para mahasiswa dengan teori dan metodologi mengenai analisis kelayakan investasi proyek/kegiatan.
2.        Memperkenalkan aplikasi teori dalam kasus-kasus analisis proyek terutama proyek-proyek publik.
Mata kuliah analisis proyek ini akan memberikan pemahaman mengenai pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi utamanya untuk proyek-proyek publik. Porsi teori akan diutamakan dibantu dengan latihan dalam studi kasus proyek-proyek yang ada di Indonesia untuk mempermudah aplikasi teori. Menentukan alokasi dana pada proyek-proyek komersial sangat berbeda dalam prioritas dengan proyek-proyek publik. Berbagai pertimbangan harus dilalui melalui analisis kelayakan di berbagai aspek investasi. Proyek untuk pelayanan kepada publik, untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat tidak melulu memperhitungkan untung rugi dalam pengembalian modal investasi, tetapi lebih mengutamakan bahwa dengan penggunaan dana negara (sumber dana negara/masyarkat/rakyat) walupun proyek tidak dapat mengembalikan modal yang ditanam, tetapi yang penting proyek dapat mencapai sasaran (goal/target/impact makro: sasaran sektoral, regional dan nasionalnya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi dan perlu diperhitungkan sebelum keputusan untuk investasi dilakukan. Bagaimana menghitung dan menganalisis kelayakan proyek sepeerti ini dari berbagai aspek adalah tujuan utama mata kuliah ini.
Bahan bacaan
Wajib:
1.        Gittinger. (1982) Economic Analysis of Agricultural Project.. Worls Bank (GT)
2.        Jhon Weiss and Steve Curry (1988), Project Analysis for Developing Countries (WC)
3.        Weiss, Carol H, (1998): Evaluation Methods for Studying Programs and Policies. Prentice Hall, New Jersey. (Car)
4.        Schmid, A. Allan (1993),  Analisis Biaya Manfaat, pendekatan Ekonomi Publik. Alih Bahasa oleh Nizam A. Yunus. (AS)
5.        Gilroy Coleman. Project Planning (1987), Logical Framework Approach to Monitoring  and Evaluation of Agricultural and Rural Development Project. Project Appraisal VO. 2, No. 4. (GC)
6.        Winpenny. (1991) Values of the Environment: A Guide to Economic Appraisal HMSO, London (Win)
7.        Dixon, Jhon A and others (1988), Economic Analysis of The Environmental Impact of Development Projects, Eartahscan, London. (JD)

 

 

 

 


EKONOMI MAKRO

Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai teori ekonomi makro serta kebijakan dalam ekonomi makro. Pendekatan yang digunakan adalah secara grafis dan matematika sederhana untuk menjelaskan kerangka teori ekonomi makro. Selain itu, mata kuliah ini akan menekankan studi kasus mengenai kebijakan dalam ekonomi makro. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan teori ekonomi makro dalam perencanaan dan kebijakan publik.
Tujuan Pengajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami kerangka dasar mengenai konsep/teori ekonomi makro, data ekonomi makro dan perhitungan pendapatan nasional; keterbukaan dalam perekonomian; pertumbuhan ekonomi; serta berbagai perdebatan dalam kebijakan ekonomi makro.
Bahan Bacaan
1.        Blanchard, Oliver. Macroeconomics. 3 rd edition. New Jersey: Prentice Hall, 2003 (OB)
2.        Dornbusch, Rudiger dan Fisher, Stanley. Macroeconimics. 7th edition. McGraw Hill, 1998 (DF)
3.        Mankintosh, Gregory. Macroeconomics. 5th edition. New York: Worth Publisher, 2003 (GM)



EKONOMI  PEMBANGUNAN


A.  Deskripsi Mata kuliah
Mata kuliah ini, yang disebut juga Development Economics melacak proses pertumbuhan ekonomi dalam pengertian tradisional, tetapi disertai dengan pembahasan tentang perubahan stuktural dalam mekanisme sosial, politik dan kelembagaan yang diperlukan untuk memdorong pertumbuhan yang disertai dengan upaya pengurangan tingkat kemiskinan, penurunan derajat  pengangguran dan mempersempit kesenjangan kesempatan berusaha  dan pendapatan, serta memperhatikan aspek-aspek lingkungan/pelestarian sumber daya alam menuju pembangunan yang berkelanjutan (lestari).
B.  Tujuan Pengajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami dan mengaplikasikan tentang ekonomi dan pembangunan, baik yang bersifat teoritis, metode pendekatan, serta penggunaan model dalam perencanaan ekonomi dan pembangunan  sehingga mahasiswa dapat menentukan kebijakan dalam perencanaan baik secara makro maupun mikro.

C.  Bahan Bacaan :

1.    Barro, RJ and Xavier Sala, Economic Growth, Mc Graw- Hill, USA, 1995
2.    Todaro,M.P.Economics Development of the Third World, Longman New York & London, fifth edition, 2000 (T)
3.    Chenery H & TH Srinivasan, ed. Handbook of Developmend Economics, Vol I & II, Elsier Science pb, Amsterdam, 1988.
4.    Meir,G.M, Leading Issues in Economic Development, Six Edition, Oxford Universitay Press,1995 (GM)
5.    Beberapa edisi World Development Report yang relevan dengan materi yang dibahas (WDR)
6.    Thomas,V.et.al,Quality of Growth,Word Bank,2000 (QG)




EKONOMI PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN
Deskripsi Matakuliah
Dalam mata kuliah Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan memberikan pemahaman dasar tentang perencanaan ekonomi, arti dan fungsi perencanaan ekonomi, berbagai macam perencanaan ekonomi dan pembangunan, hingga pada pengalaman perencanaan ekonomi dan pembangunan di Indonesia. Penekanan pengajaran pada kemampuan penguasaan untuk memahami dan mengaplikasikan tentang perencanaan ekonomi dan pembangunan, baik yang bersifat teoritis, metode pendekatan, serta pengunaan model dalam perencanaan ekonomi dan pembangunan. Materi ajar meliputi pengertian; fungsi dan manfaat perencanaan; cirri, tujuan dan bentuk perencanaan pembangunan; proses dan unsur pokok perencanaan pembangunan; permasalahan dan potensi pembangunan; kerangka makro dan kebijakan menyeluruh yang konsisten dalam perencanaan; perencanaan sektor non ekonomi; perencanaan sektor usaha swasta; perencanaan regional; kiatan perencanaan dengan anggaran belanja Negara; otonomi daerah.

Tujuan Pengajaran :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami dan mengaplikasikan tentang perencanaan ekonomi dan pembangunan, baik yang bersifat teoritis, metode pendekatan, serta penggunaan model dalam perencanaan ekonomi dan pembangunan  sehingga mahaisiwa dapat menentukan kebijakan dalam perencanaan baik secara makro maupun mikro.
Buku Referensi :
1.        Jan Timbergen, Rencana Pembangunan, UI-Press Jakarta, 1995.
2.        Richard E  Closterman, Community Analysis and Planing Techniques,  Rowman and littlefield Publishers,Inc, 1991
3.        Richard L, Meier, Developiment Planning, Mc. Graw-Hill Book Company, 1985
4.        Todaro M, Development Planning, Model and Method, London, 1994
5.        Griffin, KB, J Enos, Planning Development, Edison Wesley Pub. Co, 1970


EKONOMI PERKOTAAN DAN WILAYAH
Deskripsi Mata kuliah
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang  konsep-konsep ekonomi perkotaan secara toritis, kawasan perkotaan, dan juga permasalahan-permasalahan perkotaan dan wilayah (regional) di negara berkembang dan negara maju termasuk di Indonesia. Peranan pemerintah termasuk pemerintah daerah dalam pembangunan daerah perkotaan juga menjadi bahasan dalam mata kuliah ini. Mata kuliah akan membahas aspek perkotaan dan regional seperti kekuatan pasar (market force) dalam perkembangan kota/wilayah, sewa dan tata guna tanah (land rent & land use), zonasi ( zoning), dan konsep perumahan (housing) termasuk pengembangan real estate. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan pemahaman transformasi kota (urban transformation) dan restrukturisasi perkotaan, pembangunan perkotaan/regional, transfortasi perkotaan, industri dan ketenagakerjaan di perkotaan/regional dan pertumbuhan perkotaan (urban & regional growth) serta daerah metropolitan.

Tujuan Pengajaran
Setelah mengambil mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami elemen-elemen penting pembangunan daerah, mampu melakukan analisis terhadap berbagai masalah dan isu dalam pembangunan daerah  dan perkotaan dengan menggunakan kerangka pikir yang terstruktur dan sistematis, dan mampu mengajukan alternatif kebijakan yang dapat diambil oleh Pemerintah daerah untuk mengatasi suatu masalah.

Buku Referensi :
1.        Arthur. M. Sullivan, 1990, Urban Economics, Irwin, Inc.
2.        Susan. S Fainstein, et al, 1986, Restructuring the City, The political Economy of Urban Redevelopment, Revised Edition, Longman Inc. 1991
3.        Mile, Mike E., et al, Real Estate Development, Principles and Process, ULI, The Urban Land Institute, 1991
4.        Avron Bendavid-Val, Praeger 1991, Regional and Local Economics Analysis for Practicioners, fourth edition
5.        Brailley, Stephen J. Local Government Economic ; Principle & Practice, macMillan Press 1th, London, 1999

TEKNIK PERENCANAAN PEMBANGUNAN
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah Teknik Perencanaan Pembangunan memberikan pemahaman dasar tentang perencanaan ekonomi, terutama dalam menganalisa kondisi masa lalu sampai sekarang memperkirakan kedaan yang akan datang dan menetapkan tujuan. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dalam mengaplikasikan metoda dan teknik perencanaan pembangunan.  Metoda dan teknik perencanaan berupa pendekatan model-model dalam perencanaan pembangunan, termasuk model perencanaan pembangunan wilayah dan perkotaan, model perencanaan sector usaha swasta dan sector non ekonomik.
Tujuan Perkuliahan
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan peralatan teknik perencanaan pembangunan yang diharapkan dapat membantu dalam penulisan tesis. Selain itu, dengan menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan analisis tentang hubungan dan perkembangan variabel-variabel ekonomi dan non ekonomi dari model-model persamaan tunggal, penyimpangan beberapa asumsi estimasi, dan pemahaman tentang konsep-konsep pokok dari model persamaan simultan.

Buku  Referensi :
1.        Jan Timbergen, Rencana Pembangunan, UI-Press Jakarta, 1995.
2.        Richard L, Meier, Developiment Planning, Mc. Graw-Hill Book Company, 1985
3.        Todaro M, Development Planning, Model and Method, London, 1994
4.        Griffin, KB, J Enos, Planning Development, Edison Wesley Pub. Co, 1970

EKONOMI PUBLIK
Deskripsi Matakuliah
Ilmu ekonomi keuangan publik (public Finance) adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari berbagai aspek keuangan publik (pemerintah dalam arti luas). Dalam ilmu ini baik anggaran pendapatan dan belanja pemerintah maupun keuangan perusahaan-perusahaan pemerintah dibahas dan dikaji. Kajian dan bahasan tentang keuangan publik ini kini menjadi semakin penting dibandingkan dengan masa-masa yang lalu karena di masa sekarang ini kehidupan makin diwarnai desakan tuntutan untuk demokratik. Di alam kehidupan yang demokratik ini, tidak dapat tidak, kiprah pemerintah di berbagai aspek, termasuk bidang keuangan, mesti dipertanggungjawabkan secara langsung kepada masyarakat atau para wakil rakyat di parlemen. Kiprah pemerintah yang dinilai buruk oleh rakyat (wakil rakyat) niscaya akan merugikan pemerintah itu sendiri, yakni dengan segera akan digulingkan dari posisi kekuasaannya; dan sebaliknya bila kiprah itu dinilai baik maka rakyat akan berupaya sekuat tenaga untuk mempertahankannya.
Tujuan Perkuliahan
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang aspek-aspek yang berkait dengan keuangan publik, khususnya keuangan pemerintah pusat (nasional) beserta dengan perusahaan-perusahaan milik, atau sebagian besar sahamnya dimiliki oleh, pemerintah pusat (BUMN). Setelah mengikuti kuliah ini mahasiwa diharapkan mengetahui prinsip-prinsip pengelolaan keuangan publik yang baik, serta mampu mengkaji/menganalisis implikasi berbagai kebijakan di bidang keuangan publik terhadap kehidupan masyarakat luas.
Daftar Bacaan
1.        Mugrave A, Richard and Musgrave B, Peggy (1998), Public Finance in Theory and Practice, McGraw-Hill Book Company, 5th edition, New York (MM).
2.        Broadway, W, Robin, Public Sector Economics(1979), Little Brown and Company. Boston (BR).
3.        Hilman, L, Ayre (2003), Public Finance and Public Policy, Cambridge University Press, UK (HA).
4.        Berne, Robert and Schramm, Richard (1986), The Financial Analysis of Government, Prentice Hall, New Jersey (BE & SR).
5.        Browning, K, Edgar and Browning M, Jacquelene (1979), Public Finance and The Price Sistem, 4Th Edition (BE & BJ)
6.        Stiglitz, E, Joseph (1999), Economics of Public Sector, WW Norton and Company, London (SJ).
7.        Heald Daviv (1983),  Public Expenditure, Martin Robertson, Oxford, UK (HD).

 


EKONOMETRIKA TERAPAN


Deskripsi Matakuliah
Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan kerangka peralatan kuantitatif yang berbasis metode statistika, matematika, dan ekonomi. Topik yang dibahas lebih menekankan hubungan kausal antar variabel berupa analisis regresi untuk persamaan tunggal dan simultan. Prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini adalah statistika (probabilitas dan pengujian hipotesis), matematika (turunan dan matriks), dan ekonomi (mikroekonomi dan makroekonomi). Konsep dan metode tersebut diberikan pada matrikulasi Analisis Kuantitatif, teori mikroekonomi , dan teori makroekonomi.

Tujuan Pengajaran
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan peralatan teknik ekonometrika yang diharapkan dapat membantu dalam penulisan tesis. Selain itu, dengan menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan analisis tentang hubungan dan perkembangan variabel-variabel ekonomi dan non ekonomi dari model-model persamaan tunggal, penyimpangan beberapa asumsi estimasi, topik-topik dalam regresidan pemahaman tentang konsep-konsep pokok dari model persamaan simultan.
Bahan Bacaan
1.        Dougherty, C.2002. Introduction Economics. Second Edition. Oxford University Press Inc, New York. (DC)
2.        Gujarati, D.N. 2003. Basic Econometrics. Fourth Edition. McGraw-Hill, Inc, New York. (GD)
3.        Kennedy, P. 1992. A Guide To Econometrics. Third Edition. The MIT Press, Cambridge, Massachusetts. (KP)
4.        Koutsyoyiannis, A. 1997. Theory of Econometrics. Second Edition. Harper and Row Publisher Inc. New York. (KA)
5.        Nachrowi, N.D. dan H. Usman. 2002. Penggunaan Teknik Ekonometi Pendekatan Populer & Praktis Dilengkapi Teknik Analisis & Pengolahan Data Dengan Menggunakan Program SPSS. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. (NN)
6.        Pindyck, R.S. dan D>l. Rubinfield.1991. Econometrics Models and Econometric Forecast, Third Edition. McGraw-Hill, Inc, New York. (PR)
7.        Ramanathan, R. 1992. Introductory Econometrics With Applications. Second Edition. Harcourt Brace Jovanovich, Inc, Orlando, Florida (RR)
8.        Dajan, A. 1987. Pengantar Metode Statistik I. Edisi Revisi, LP3ES. (DA)

PENDANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

Deskripsi Matakuliah
Otonomi daerah dan desntralisasi menjadi peristiwa yang mendunia di pengujung abad 20 dan awal abad 21. lebih dari 80% negara-negara di dunia, baik itu yang tergolong sebagai negara maju, yang bersistem ekonomi kapitalis-liberal; negara yang dahulunya bersistem ekonomi campuran, telah melakukan desentralisasi di bidang politik, fiskal, administrasi ataupun pasar. Ada banyak faktor yang menyebabkan proses desentralisasi dan otonomi daerah ini menjadi berlangsung di berbagai negara, sebagian bersifat internal dan sebagian lain bersifat eksternal. Ada banyak faktor pula yang menyebabkan desentralisasi dan otonomi daerah ini pada gilirannya menjadi berhasil atau gagal.
Tujuan Perkuliahan
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang (i) sebab-sebab mendunianya desentralisasi dan otonomi daerah di penghujung abad 21; (ii) manfaat, prasyarat dan kendala keberhasilan desentralisasi di negara-negara berkembang, dan terutama di Indonesia; (iii) prinsip pembagian kewenangan (tanggung jawab penyelenggaraan urusan) dan keuangan (sumber penerimaan) antara Pemerintah Pusat dengan Daerah;(iv) norma dan praktek hubungan keuangan (fiskal) antara Pemerintah Pusat dengan Daerah di Indonesia, sebelum dan setelah lahirnya UU NO.22 dan 25 Tahun 1999 serta NO.32 dan 33 Tahun 2003 Tentang Pemerintah Daerah dan Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dengan Daerah.
Daftar Bacaan
1.        Oates, E, Wallace (1998), The Economics of Fiscal Federalism and Local Finance, Edward Elgar Publisher, Ltd, USA (OW)
2.        Minassian, T, Teresa (1997), Fiscal Federalism in Theory nad Practice, IMF (MT).
3.        Rondinelli, A, Denis and Cheema, G, Shabbir (1983), Decentralization and Development, Sage Publication, UK (RD & CS).
4.        Shah, Anwar and Qureshi, Zia (1994), Intergovernment Fiscal Relations in Indonesia, World Bank. (SA & QZ)
5.        Aziz, A and Arnold, D (1997), Desentralisasi Pemerintahan: Pengalaman Negara-Negara Berkembang (terj), Pustaka A, Yogyakarta. (AA & AD).
6.        Maddick, Henry (2004), Desentralisasi dalam Praktek (terj), Pustaka Kendi, Yogyakarta. (MH)
7.        Bird, N, Richard, (2000), Desentralisasi Fiskal di Negara-negara Berkembang(terj), PT. Gramedia, Jakarta. (BR)
8.        Mackintosh, Maureen and Roy, RATHIN (1999)
9.        Wellich, Dietmar (2000), Theory of Public Finance in a Federal State, Cambridge, UK. (WD)

TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperkenalkan teknik analisis kuantitatif yang sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.  Materi kuliah difokuskan pada pengambilan keputusan dalam ketidakpastian, dan beresiko, teori permainan dan penyampaian teknik linier programming, input – output (IO) dan metode AHP
Dalam kuliah akan diberikan berbagai teknik secara teoritis, dan aplikasi berupa contoh-contoh permasalahan. Dengan terbiasa menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan, diharapkan mahasiswa akan terbiasa dalam memahami permasalahan, dan menyelesaikan berdasarkan algoritma yang telah digariskan. Kuliah ini juga akan menitikberatkan perhitungan menggunakan software komputer, sehingga mahasiswa tidak terlalu terbebani dengan penghitungan manual, dan dapat focus pada teknik analisis yang didapat dari output komputer.
Tujuan Pengajaran
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang metodologi mode-model kuantitatif untuk pengambilan keputusan. Mengingat latar belakang mahasiswa yang bervariasi, maka penyajian teori akan dilakukan secara popular tanpa mengenyampingkan aspek matematis yang mendasari teori tersebut. Selain metodologi, mata kuliah ini akan menekankan pula pada aplikasi praktisnya dengan menggunakan software komputer. Oleh karena itu mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai software yang digunakan untuk pengolahan data.
Bahan Bacaan
1.         Nachrowi. D. dan Hardius Usman. 2004. Teknik Pengambilan Keputusan. Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).
2.         Walter Isard (ed). Methods of Interregional and Regional Analysis. 1998. Ashgate.
3.         R.E. Miller and P.D. Blair. Input-output analysis: Foundation and extensions. 1995. Prentice-Hall.
4.         Suahasil Nazara. Analisis Input-Output. 1997. LP-FEUI.
5.         Bambang Brodjonegoro, AHP. 1992. PAU-Ekonomi UO.
6.         Thomas L Saaty. 1999. Multicriteria Decission Making the AHP. California. Lifetime Publication.
7.         Thomas L Saaty. 2000. Fundamentals of decision Making and Priority Theory with Analytic Hierarcy Process.

METODOLOGI PENELITIAN

Deskripsi Matakuliah
Kuliah ini membahas  penelitian ilmiah dan segala sesuatunya sejak mempersiapkan penelitian sampai dengan penulisan hasil penelitian  ( laporan penelitian ). Materi yang diberikan  meliputi  pentingnya penelitian, masalah dalam penelitian, usulan penelitian,  penyusunan  kuesioner,  pengolahan data dan tehnik pembuatan laporan .  Penyajian materi dengan  cara kuliah biasa dan praktek lapangan.
Tujuan Perkuliahan
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar dapat melaksanakan penelitian sesuai dengan kaidah-kaidah proses penelitian yang benar. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat melakukan analisis tentang hubungan dan perkembangan variabel-variabel ekonomi dan non ekonomi dari model-model persamaan tunggal, penyimpangan beberapa asumsi estimasi, dan pemahaman tentang konsep-konsep pokok dari model persamaan simultan.

Buku Referensi :
1.        Cooper, Donald R dan Pamela S. Schindler, Business Research Methods, Mc Grow-Hill / Irwin, New York, 2001.
2.        Earl Babbie, The Practice of Social Research, Wodswoorth Pub Conpany, Belmont, 1995.
3.        Mikkalsen, Britha, Methods for Development Work and Research; A guide for Practioners, Sage Publications Inc, 1995.


MANAJEMEN KEUANGAN PUBLIK
Deskripsi Matakuliah
Sesuai dengan semangat reformasi menurut Pfefermen terdapat tiga jangkar kreadibilitas pemerintah, yaitu reputasi, keterbukaan dan adanya partisipasi masyarakat untuk dapat melakukan pengontrolan dan penyeimbangan (check & balance). Dengan TAP MPR XI/1999, UU No. 28/1999 dan Inpres No.7/1999, maka good governance dan akuntabilitas menjadi penting di Indonesia. Berdasarkan petunjuk World Bank 1993, maka ditemui 5 buah karakter pemerintah yang baik, yaitu: (1) Masyarakat memiliki partisipasi yang besar, (2) Pembuatan kebijakan Pemerintah berlangsung terbuka dan dapat diramalkan, (3) Pimpinannya dapat dipercaya (mempunyai akuntabilitas), (4) Ada birokrasi profesional, serta (5) Adanya aturan hukum yang jelas.
Tujuan Pengajaran
1.        Menjelaskan makna dan teori serta praktek menajemen strategik di sektor publik terutama tentang pemahaman konflik serta upaya penyelesaiannya.
2.        Melatih diskusi dan presentasi serta debat mahasiswa dengan topik terpilih yang aktual dengan pendekatan manajemen strategik di sektor publik sehingga pemahaman publik antar stakeholder di sektor publik dapat diselesaikan dengan baik.
3.        Melatih kemampuan sintesa dan analisis mahasiswa yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk pembuatan pelaporan yang baik yang mencerminkan semangat good governance dan akuntabilitas dengan langkah-langkah manajemen strategik.
4.        Melatih mahasiswa untuk dapat memberikan sumbangan dalam kebijakan publik dengan memakai langkah manajemen strategik di sektor publik.

Buku Bacaan
Buku wajib:
·   Nining I. Soesilo, “Reformasi Pembangunan Dengan pendekatan Manajemen Strategik (Pendekatan Teoritis)”, MPKP FEUI, Depok, 2002.
·   Nining I. Soesilo, Manajemen Strategik Dalam Sektor Publik(Pendekatan Praktis)”, MPKP FEUI, Depok,2002.
·   Hoogwood, Brian W & Gunn, Lewis A, “Policy for The Real World” Oxford University Press, 1986.
·   Lembaga Administrasi Negara dan BPKP, “Model Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP)”,  ada 5 buku, Maret 2000.

Buku Tambahan
·   Rowe, Alan J; Richard O. Mason; Karl E. Dickel, “Strategic Management, a Methodological Approach”, Addison Wesley Publishing Company, Singapore, 1987.
·   Ban, Caroline, “ How do Public Managers Manage? Bureacratic Constraints, Organizational Culture and Potential for Reform”, Jossey-Bass Publisher, San Fransisco, 1995.

SEMINAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN
(KONSENTRASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN)
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini memuat bahasan tentang berbagai hal yang menyangkut bidang konsentrasi Perencanaan Pembangunan. Melalui bahasan ini diharapkan para mahasiswa/i akan semakin luas cakrawala pemikirannya, terutama di bidang ilmu yang diminatinya, dan semakin kritis serta jeli dalam mencermati persoalan-persoalan yang bersentuhan dengan bidang ilmu yang diminatinya itu.
Tujuan Mata kuliah
Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah, pertama, minimum, agar mahasiswa dapat merampungkan proposal tesisnya, dan kedua, melatih mahasiswa/i untuk mempresentasikan hal-hal yang dipikirkannya, yang menyangkut bidang ilmunya, serta menanggapi secara kritis namun bijaksana terhadap buah pikiran orang lain
Bahan Bacaan
1.        Jan Timbergen, Rencana Pembangunan, UI-Press Jakarta, 1995.
2.        Richard E  Closterman, Community Analysis and Planing Techniques,  Rowman and littlefield Publishers,Inc, 1991
3.        Richard L, Meier, Developiment Planning, Mc. Graw-Hill Book Company, 1985
4.        Todaro M, Development Planning, Model and Method, London, 1994
5.        Griffin, KB, J Enos, Planning Development, Edison Wesley Pub. Co, 1970


SEMINAR  KEUANGAN DAERAH
(KONSENTRASI KEUANGAN DAERAH)
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini memuat bahasan tentang berbagai hal yang menyangkut bidang konsentrasi Keuangan Daerah. Melalui bahasan ini diharapkan para mahasiswa/i akan semakin luas cakrawala pemikirannya, terutama di bidang ilmu yang diminatinya, dan semakin kritis serta jeli dalam mencermati persoalan-persoalan yang bersentuhan dengan bidang ilmu yang diminatinya itu.
Tujuan Mata kuliah
Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah, pertama, minimum, agar mahasiswa dapat merampungkan proposal tesisnya, dan kedua, melatih mahasiswa/i untuk mempresentasikan hal-hal yang dipikirkannya, yang menyangkut bidang ilmunya, serta menanggapi secara kritis namun bijaksana terhadap buah pikiran orang lain
Bahan Bacaan
1.        Oates, E, Wallace (1998), The Economics of Fiscal Federalism and Local Finance, Edward Elgar Publisher, Ltd, USA (OW)
2.        Minassian, T, Teresa (1997), Fiscal Federalism in Theory nad Practice, IMF (MT).
3.        Rondinelli, A, Denis and Cheema, G, Shabbir (1983), Decentralization and Development, Sage Publication, UK (RD & CS).
4.        Shah, Anwar and Qureshi, Zia (1994), Intergovernment Fiscal Relations in Indonesia, World Bank. (SA & QZ)
5.        --------------(1994), The Reform of Intergovernmntal Fiscal Relations in Developing and Emerging market Economies, World Bank.
6.        Aziz, A and Arnold, D (1997), Desentralisasi Pemerintahan: Pengalaman Negara-Negara Berkembang (terj), Pustaka A, Yogyakarta. (AA & AD).
7.        Maddick, Henry (2004), Desentralisasi dalam Praktek (terj), Pustaka Kendi, Yogyakarta. (MH)
8.        Bird, N, Richard, (2000), Desentralisasi Fiskal di Negara-negara Berkembang(terj), PT> Gramedia, Jakarta. (BR)
9.        Mackintosh, Maureen and Roy, RATHIN (1999)
10.     Wellich, Dietmar (2000), Theory of Public Finance in a Federal State, Cambridge, UK. (WD)


TESIS
Deskripsi
Tesis ini merupakan tugas akhir bagi mahasiswa Master Perencanaan Pembangunan, berupa penelitian ilmiah yang membahas suatu permasalahan secara mendalam sesuai dengan dengan bidang konsentrasi yang diambil oleh mahasiswa tersebut.
Bahan Bacaan
Buku Panduan pembuatan  Thesis