A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pada era globalisasi dan otonomi daerah, sumberdaya
manusia yang memiliki keunggulan sangat dibutuhkan dalam pembangunan, yaitu
manusia cerdas yang dapat bekerja keras agar dapat memberikan, menguasai dan
menikmati kehidupan yang lebih maju. Sehingga sudah sewajarnya jika penekanan
pembangunan Indonesia diarahkan pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia
agar menguasai Iptek, cerdas, kreatif, bertanggung jawab, produktif serta sehat
jasmani dan rohani yang pada gilirannya dapat memberi kontribusi positif
terhadap pembangunan.
Dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia yang
berkualitas dapat dilakukan melalui; (1) Perluasan kesempatan memperoleh
pendidikan; (2) Peningkatan relevansi dunia pendidikan dengan kebutuhan pembangunan;
(3) Peningkatan mutu semua jenjang pendidikan serta (4) Efisiensi dan
efektifitas dalam melaksanakan pendidikan. Fenomena ini di satu sisi mendorong
lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas outputnya,
sementara di sisi lain mendorong keinginan masyarakat untuk meningkatkan
pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya murah, sehingga dapat
mempercepat laju pembangunan terutama pembangunan di daerah.
Sebagai partisipasi konkrit untuk meningkatkan kualitas
sumberdaya manusia, Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu telah membuka program
Magister Perencanaan Pembangunan pada tahun 2006. Tujuan pendirian program
Magister Perencanaan Pembangunan ini untuk menjembatani kesenjangan antara
lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan daerah.
Kesenjangan dimaksud dapat memperlambat percepatan pembangunan di daerah. Oleh
karena itu, masyarakat terutama aparatur pemerintah dan dunia usaha di Bengkulu
perlu dengan mudah dan murah meningkatkan jenjang pendidikannya agar dapat
bersaing pada tingkat lokal, regional, nasional, dan global.
Selama ini aparatur pemerintah dan swasta yang akan
melanjutkan studi S2 pada perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS),
dilakukan dengan mengirim mereka ke luar Provinsi Bengkulu, khususnya di Pulau
Jawa. Upaya ini mengalami kendala, selain memerlukan biaya yang besar, juga
menyebabkan berkurangnya aparatur untuk menjalankan roda pemerintahan di
daerah, padahal tenaga mereka sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, Pemerintah daerah
di provinsi Bengkulu sangat mendukung pendirian program Magister Perencanaan
Pembangunan Universitas Bengkulu. Berdasarkan fenomena tersebut sebagai
Perguruan Tinggi sudah sepatutnya Universitas Bengkulu memberi kesempatan
kepada mereka untuk melanjutkan studi dalam bidang perencanaan pembangunan di
daerah sendiri dengan biaya murah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan
pembangunan.
Diberlakukannya UU No.32 tahun 2004 membawa dampak
terhadap kebutuhan akan kesiapan SDM pada masing-masing daerah. Bengkulu sebagai Provinsi yang relatif muda
dan kualitas SDM yang belum memadai
dalam menyongsong era otonomi dan ditambah dengan tingginya semangat pemekaran
wilayah mengakibatkan kebutuhan tenaga ahli yang profesional dalam bidang
perencanaan pembangunan menjadi semakin tinggi. Guna memenuhi kebutuhan
masyarakat akan tenaga perencana yang profesional dan sekaligus ikut membantu
pemerintah daerah dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusia di
Provinsi Bengkulu, Universitas Bengkulu mendirikan program Magister Perencanaan
Pembangunan dengan SK Dirjen DIKTI Nomor : 15/D/T/2006 tanggal 3 Januari 2006 dan telah diperpanjang
dengan SK Dirjen DIKTI Nomor : 2147/D/T/2008
tanggal 14 Juli 2008. Dengan
terbitnya kembali SK Dirjen Dikti tersebut di atas menjelaskan bahwa Program
Magister Perencanaan Pembangunan Universitas Bengkulu Telah memiliki
Civil Effect Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi yang dikuatkan dengan Surat dari Dirjen Dikti
Nomor : 2428/D/T/2008 perihal Civil
Effect Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi, yang pada point dua menyebutkan bahwa
”Merujuk surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : K26-30/V97-8/57 tanggal
1 Nopember 2004, maka ijazah perguruan tinggi negeri/swasta dinyatakan syah dan
mempunyai civil effect bagi pembinaan karir pegawai negeri sipil sepanjang
mempunyai izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan
proses pembelajarannya sesuai dengan proses yang berlaku.
2.
Visi
Menjadi institusi penyelenggara pendidikan Pasca Sarjana
Perencanaan Pembangunan yang berdaya saing tinggi di wilayah Sumatera pada
tahun 2018
3.
Misi
Dalam rangka
mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi yang dilaksanakan oleh Program Magister
Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu adalah:
1.
Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma
Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian & pengabdian pada masyarakat) yang
berkualitas.
2.
Meningkatkan kualitas kompetensi
dosen/tenaga pengajar dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
3.
Meningkatkan jaringan kerjasama
dengan stakeholders baik yang
bersifat nasional maupun internasional dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma
Perguruan Tinggi.
4. Tujuan
Tujuan
Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu adalah:
1.
Menyiapkan lulusan yang memiliki
kompetensi di bidang perencanaan pembangunan atau keuangan daerah.
2.
Menyiapkan lulusan yang trampil
menggunakan berbagai alat analisis di bidang perencanaan pembangunan atau
keuangan daerah.
3.
Menyiapkan lulusan yang mampu
bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat.
4.
Menyiapkan lulusan yang memiliki
sikap profesional, adaptif, antisipatif, dan
kreatif
5. Sasaran:
1.
Dihasilkannya lulusan yang mempunyai keahlian di bidang
perencanaan pembangunan atau di bidang keuangan daerah.
2.
Dihasilkannya lulusan yang memiliki
daya saing dan mampu beradaptasi dalam dunia kerja.
3.
Dihasilkannya lulusan yang mampu
mengantisipasi dinamika pembangunan ekonomi
6. Landasan Hukum MPP - UNIB
Landasan
hukum pendirian program Magister Perencanaan Pembangunan (MPP) UNIB adalah:
1.
Undang-Undang Dasar 1945.
2.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
2 tahun 1989.
3.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
20 tahun 2003.
4.
Peraturan
Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 1999.
5.
Kepmendiknas
Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan
Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
6.
Kepmendiknas Nomor 234/U/2000 Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.
7.
Kepmendiknas
Nomor 045/U/2002 Tentang KurikulumInti Pendidikan Tinggi.
8.
Keputusan Dirjen DIKTI DEPDIKNAS Nomor
108/DIKTI/Kep/2001 Tentang pedoman pembukaan program studi dan atau
jurusan.
9.
Keputusan Dirjen DIKTI DEPDIKNAS Nomor 15/D/T/2006
Tentang penyelenggaraan program studi Perencanaan Pembangunan ( S2 ) pada Universitas
Bengkulu.
10.
Keputusan Dirjen DIKTI DEPDIKNAS Nomor : 2147/D/T/2008 Tentang
perpanjangan izin penyelenggaraan
program studi Perencanaan Pembangunan ( S2 ) pada Universitas
Bengkulu.
B.
Bentuk dan Nama Program
Penentuan jurusan dan struktur organisasi masing-masing
Fakultas di lingkungan Universitas Bengkulu diatur berdasarkan Surat Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0169/0/1995,
tanggal 18 Juli 1995. Dalam surat keputusan tersebut dijelaskan mengenai
bagian-bagian organisasi serta tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian.
Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor
:15/D/T/2006 tentang Penyelenggaraan program studi Perencanaan Pembangunan (S2)
pada Universitas Bengkulu resmi berdiri dan diperpanjang kembali dengan Surat Keputusan
Nomor : 2147/D/T/2008.
Adapun bentuk struktur organisasi Program Magister
Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu yang dimaksud
dapat dilihat pada bagan (organization
chart ) berikut.
STRUKTUR ORGANISASI
PASCA SARJANA PERENCANAAN PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BENGKULU
|
|||||||
C.
Lembaga Penunjang Kegiatan Pendidikan
1. Lembaga Penelitian
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada Program Magister
Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi mendapat dukungan dari lembaga yang
ada dalam lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu terutama dari LP2EM
FE UNIB. Berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang
melibatkan dosen dan mahasiswa telah dilaksanakan oleh Program Magister
Perencanaan Pembangunan sejak mulai berdiri hingga sekarang ini.
Pada saat ini, Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu
bertindak sebagai koordinator dan pelaksana kegiatan-kegiatan penelitian yang dilaksanakan
Universitas Bengkulu, baik dengan dana yang berasal dari Dirjen Dikti seperti:
Penelitian Dosen Muda, Penelitian Kajian Wanita, Penelitian Dasar, Penelitian
Hibah Bersaing, dan Penelitian RUKK; maupun sumber dana dari kerjasama dengan
instansi Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, setiap kegiatan penelitian yang
berasal dari dosen dan mahasiswa Program Magister Perencanaan Pembangunan
Universitas Bengkulu, juga dikoordinasikan dengan Lembaga Penelitian
Universitas Bengkulu.
Berbagai penelitian/kajian yang telah melibatkan dosen
dan mahasiswa, antara lain seperti; penelitian Pendapatan Asli Daerah Kota
Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bengkulu, Kajian Peluang dan
Investasi Kabupaten Bengkulu Utara bekerjasama dengan Pemerintah daerah
Kabupaten Bengkulu Utara, Penelitian Potensi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten
Mukomuko bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko, dan beberapa
penelitian bekerjasama dengan Bank Indonesia yang sampai pada saat sekarang ini
masih terus dilakukan.
2.
Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat
Selain itu, pelaksanaan kegiatan pengabdian pada
masyarakat juga bekerja sama dengan pemerintah daerah seperti pelatihan.
Sebagai indikasi kemapanan, telah banyak kerjasama baik dengan pemerintah
maupun dengan swasta dilaksanakan Program Magister Perencanaan Pembangunan FE
UNIB. Fasilitas dan perangkat pendukung seperti peralatan dan tenaga pada
lembaga ini sangat cukup memadai.
Kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam Program
Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu
dikoordinasikan dengan Lembaga
Pengabdian Pada Masyarakat Universitas
Bengkulu dan instansi pemerintah sesuai dengan bidang yang terkait..
3. Laboratorium
Laboratorium yang ada di Jurusan Ekonomi Pembangunan
Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dilakukan oleh LP2EM (Laboratorium
Pengkajian Pembangunan Ekonomi Maasyarakat) merupakan laboratorium yang
penggunaannya diperuntukkan untuk mahasiswa dari 2 program studi (resources sharing) yaitu mahasiswa S1
reguler Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Mahasiswa Prodi MPP. Selain itu juga laboratorium Komputer milik
Jurusan Ekonomi Pembangunan yang dapat digunakan dalam perkuliahan di prodi
MPP.
Laboratorium komputer ini dilengkapi dengan beberapa
fasilitas seperti ruangan ber-Ac dan fasilitas komputer yang lengkap sehingga
mampu mengakses internet (microsoft
explorer), surat elektronik (e-mail),
serta PC multimedia dengan fasilitas aplikasi soft-ware pengelolaan data
seperti SAS (Statistic Analysis System),
Windows, lindo, linux serta program
aplikasi komputer Statistical Packet for
Social Science (SPSS) tersedia di laboratorium komputer. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan
untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa Progam Magister
Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu Dosen dan
Mahasiswa dapat melakukan akses internet dalam kegiatan proses pembelajaran,
baik terstruktur di dalam kelas maupuan belajar mandiri.
Selain itu, sebagai bentuk dukungan Fakultas Ekonomi dan
Universitas Bengkulu dalam proses perkuliahan, maka mahasiswa Program Magister
Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi
dapat melakukan akses ke unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer Universitas
Bengkulu (UPT-Puskom UNIB) dan Laboratorium Bahasa Inggris yang dikelola oleh
Unit Pelaksana Teknis Bahasa Inggris Universitas Bengkulu (UPT Bahasa Inggris
UNIB).
4. Perpustakaan
Gedung perpustakaan pusat yang dimiliki Universitas
Bengkulu merupakan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan. Dengan menggunakan
pendekatan resource sharing process, perkuliahan
pada Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas
Bengkulu telah didukung oleh Perpustakaan Pusat Universitas Bengkulu dengan berbagai
fasilitas seperti buku teks ilmiah, referensi ilmiah, jurnal ilmiah, majalah
ilmiah, publikasi ilmiah hasil seminar, workshop,
pelatihan, publikasi hasil penelitian, publikasi hasil pengabdian pada
masyarakat, dan buletin ilmiah. Jumlah buku yang dikelolah Universitas Bengkulu
terdiri dari 23.100 judul, dengan jumlah koleksi sebanyak 60.321 eksemplar.
Khusus berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan pada Fakultas Ekonomi berjumlah 1.530 judul dan ilmu Ekonomi
berjumlah 3.049 judul.
Di samping itu, Program Magister Perencanaan Pembangunani
Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu juga didukung Perpustakaan Jurusan
Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi yang memiliki Koleksi terdiri dari buku
teks ilmiah, referensi ilmiah, jurnal ilmiah, majalah ilmiah, skripsi
mahasiswa, hasil seminar, workshop,
hasil penelitian, hasil pengabdian pada masyarakat, dan buletin ilmiah. Jumlah
koleksi Perpustakaan Unit Fakultas Ekonomi sebanyak 2.200 judul dengan
eksemplar sebanyak 5.498 buah, (lihat tabel 2).
Untuk
meningkatkan pelayanan dan pengguna jasa perpustakan kepada mahasiswa,
Perpustakaan Universitas Bengkulu menggunakan elektronik net-work dalam bidang
perpustakaan. Dengan cara ini diharapkan dapat mempermudah akses mahasiswa
untuk memperoleh bahan-bahan Ekonomi yang diperlukan, baik dari perpustakaan
sendiri maupun pada perpustakaan luar Universitas Bengkulu. Selain itu,
Fakultas Ekonomi dan jurusan IESP terus berupaya meningkatkan jumlah koleksi
buku sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tabel 1. Profile
Koleksi Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Ekonomi
Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu
Jenis Bahan
Pustaka
|
Tahun Penerbitan
|
TOTAL
|
||||||
1-2 tahun
Terakhir
|
3-5 tahun
Terakhir
|
>5 tahun
|
||||||
Judul
|
Copi
|
Judul
|
Copi
|
Judul
|
Copi
|
Judul
|
Copi
|
|
Buku Teks
|
68
|
149
|
407
|
1614
|
683
|
2673
|
1158
|
4436
|
Jurnal
|
62
|
63
|
7
|
-
|
-
|
-
|
69
|
63
|
Tesis
|
45
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
45
|
-
|
Majalah
|
7
|
13
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
-
|
Buku Refensi
|
23
|
43
|
46
|
88
|
42
|
71
|
111
|
202
|
Lap.Penelitian
|
2
|
3
|
-
|
10
|
-
|
-
|
2
|
13
|
CD-ROM
|
30
|
30
|
-
|
-
|
-
|
-
|
30
|
30
|
Lain-lain
|
10
|
11
|
1
|
40
|
-
|
-
|
11
|
51
|
TOTAL
|
232
|
312
|
461
|
1752
|
725
|
2744
|
1418
|
4795
|
5.
Staf Akademik dan Pengembangannya
5.1. Profil Staf
Akademik
Jumlah
dosen pada Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi UNIB saat
ini berjumlah 29 orang yang memiliki
kualifikasi akademik yang tinggi dengan keahlian yang beragam (lihat tabel 2). Khusus untuk tenaga pengajar, program studi
MPP memiliki 15 orang. Kualifikasi
staf pengajar ditunjukkan dengan jumlah doktor sebanyak 11 orang dan 2 orang profesor.
Staf
akademik yang kuat ini mendapat dukungan pula dari staf administrasi yang
memadai.
Tabel 2. Daftar Nama
Dosen Tetap MPP FE- UNIB
No
|
Nama Dosen
|
Perguruan Tinggi
|
No
|
Nama Dosen
|
Perguruan Tinggi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
Prof.Dr. Zulkifli Husin, SE, M.Sc
Maswedar H. Adji, MA
Dr. Latif Adam
Dr .Kodrat Wibowo
Prof. Sigit Nugroho, P.hD
Handoko H, SE, MS, P.hD
Dr .Moch. Ridwan,SE,MS,
Abduh, SE, M.Sc, P.hD
Retno Agustina, P.hD
Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Dr
Lizar Alfansi, SE, MBA, P.hD
Dr. Syaiful, SE.Ak. M.Sc
Ketut Sukiyono, Ir, M.Ec, P.hD
Heri Sunaryanto,
P.hD
|
UNSYIAH
BAPPENAS
UI
LIPI
UNPAD
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
|
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
|
Sunoto, SE, M.Si
Yusnida, SE, M.Si
Dra. Purmini, M.Sc
Merri Anitasari, SE,MA
Bambang Agoes H, SE, M.Sc
Benardin, SE, MT
B.I.E Indraswati,SE, M.Si
Edi Rahmantyo, SE, M.Sc
Hutapia, SE, ME.
Lela Rospida, Ir, MM
Muhammad Rusdi,SE,M.Si
Roosemarina Rambe,SE, MBM
Yefriza, SE, MPPM.
Drs. Aris Almahmudi, MA.Ec
|
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
UNIB
|
D. Bidang Ilmu
Yang Diselenggarakan
Bidang Ilmu yang diselenggarakan adalah Ilmu
Perencanaan Pembangunan dengan dua kosentrasi yaitu Kosentrasi Perencanaan
Pembangunan dan Kosentrasi Keuangan
Daerah. Dengan program ini diharapkan
dapat memenuhi kebutuhan daerah di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia
yang pada gilirannya akan bermanfaat
dalam pengelolaan sumber daya yang
ada di daerah.
E. Kualifikasi Kompetensi keluaran yang
diharapkan.
Kompetensi Lulusan Program Pasca Sarjana Perencanaan Pembangunan Fakultas
Ekonomi Universitasa Bengkulu yaitu :
1. Kompetensi
Utama :
a. Pengetahuan dan Pemahaman
( Knowledge and Understanding) :
1.
Memahami
Teori dan konsep mikro dan makro ekonomi secara baik dan mendalam.
2.
Memahami
dasar-dasar teori ekonomi perencanaan pembangunan.
3.
Mengerti
dan memahami asas perencanaan
pembangunan daerah/ pengelolaan keuangan daerah.
b. Ketrampilan Intelektual ( Intellectual Skill).
1.
Mempunyai
kemampuan untuk menganalisis perencanaan
pembangunan daerah
2.
Menguasai model pengelolaan wilayah/pengelolaan
keuangan daerah.
c. Keterampilan Praktis, (Practical
Skill) :
1.
Menguasai teknik-teknik perencanaan pembangunan/pengelolaan
keuangan daerah dan penerapannya dalam berbagai aspek pembangunan daerah
2.
Mampu mengoperasikan softwares dan pengaplikasiannya dalam
perencanaan pembangunan/keuangan daerah
3.
Menguasai
cara mengindentifikasi potensi pembangunan
4.
Mampu
melakukan adaptasi terhadap isu-isu perencanaan pembangunan/keuangan daerah
d. Keterampilan Managerial
dan Sikap (Managerial Skill and Attitude) :
1.
Mampu berkomunikasi secara aktif
2.
Mampu
memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
3.
Mampu
bekerja sama dalam tim
4.
Mampu menyesuaikan
diri dengan cepat di lingkungan kerja.
2. Kompetensi
Pendukung:
a. Pengetahuan
dan Pemahaman (Knowledge and
Understanding).
1.
Mengetahui
cara membuat model perencanaan pembangunan daerah dengan berbagai karakter yang
berbeda.
2.
Mampu
menganalisa dengan baik model perencanaan pembangunan daerah
b. Ketrampilan Intelektual (Intellectual
Skill).
1.
Menguasai
cara mendata potensi daerah dengan baik dan mengelola secara optimal.
2.
Mampuy
menganalisis secara tajam dan mendaalam potensi daerah
c. Keterampilan Praktis (Practical Skill)
1.
Menguasai teknik dan manajemen pembangunan wilayah dan
kota.
2.
Menguasai
cara mengindentifikasi potensi pembangunan
d. Keterampilan
Managerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)
1.
Memiliki
sikap menghargai orang lain
2.
Mampu
memahami orang lain
F. Kurikulum
Program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi
Universitas Bengkulu dapat diselesaikan dalam waktu delapan belas bulan, tidak
termasuk matrikulasi. Matrikulasi ditujukan khusus untuk memberikan dasar –
dasar bagi mahasiswa baru program Magister Perencanaan Pembangunan sebelum
mengikuti perkuliahan yang terdiri dari 8 SKC atau setara dengan 4 mata kuliah
antara lain Matematika, Statistik, Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi
Makro. Para peserta yang diterima diwajibkan
untuk mengambil mata kuliah matrikulasi. Matrikulasi dapat diselesaikan dalam
waktu satu setengah bulan dengan 150 menit tatap muka per minggu per mata
kuliah. Dalam satu minggu ada satu kali
tatap muka untuk setiap mata kuliah, sehingga dalam satu setengah bulan ada 15 jam tatap muka per mata kuliah.
Mata Kuliah program Magister Perencanaan Pembangunan
adalah 36 SKC atau setara kredit per catur wulan dengan dua belas Mata Kuliah
ditambah Tesis 6 SKC. Jika mahasiswa (graduate courses) jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP)
dengan maksimal tahun kelulusan 2 (dua) tahun langsung mengikuti program tanpa
matrikulasi, berarti mahasiswa yang bersangkutan harus mengambil kredit
sebanyak 12 SKC atau setara dengan empat mata ajaran pada setiap Catur
Wulan. Pada Catur Wulan keempat
mahasiswa diharuskan menyelesaikan tugas akhir, yaitu penyusunan Tesis dengan
bobot angka kredit sebesar 6 SKC.
Sasaran yang ingin dicapai
oleh program ini adalah untuk mencetak tenaga profesional di bidang Perencanaan
Pembangunan dan Keuangan Daerah. Lulusan program Magister Perencanaan
Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu diharapkan akan menjadi
tenaga analis, perencana dan pengambil kebijakan baik di korporasi dan
institusi baik swasta maupun pemerintah yang berwawasan nasional, regional dan
global, sehingga institusi yang dipimpinnya akan mampu mengantisipasi setiap
dinamika yang terjadi di masyarakat.
Kurikulum Program Magister
Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi UNIB disusun berdasarkan kompetensi
dengan memperhatikan tuntutan pembangunan daerah. Penyusunan kurikulum program
Pascasarjana ini dilakukan dengan memperhatikan dan merujuk pada kurikulum
Program Pasca sejenis pada perguruan tinggi lain di Indonesia. Kurikulum
program Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu
adalah sebagai berikut:
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
EKONOMI MIKRO
EKONOMI MAKRO
EKONOMI
PEMBANGUNAN
EKONOMETRIKA
TERAPAN
METODOLOGI
PENELITIAN
TEORI
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
ANALISIS
PROYEK PEMBANGUNAN
THESIS
|
3
3
3
3
3
3
3
6
|
MWP 601
MWP 602
MWP 603
MWP 604
MWP 605
MWP 606
MWP 607
MWP 608
|
JUMLAH
|
27
|
|
1.1.
Kosentrasi
Perencanaan Pembangunan
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
5
|
EKONOMI
PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN
EKONOMI
PERKOTAAN DAN WILAYAH
TEKNIK
PERENCANAAN PEMBANGUNAN
EKONOMI
SUMBERDAYA ALAM
SEMINAR
PERENCANAAN PEMBANGUNAN
|
3
3
3
3
3
|
MPP 621
MPP 622
MPP 623
MPP 624
MPP 625
|
|
JUMLAH
|
15
|
|
1.2. Kosentrasi Keuangan Daerah
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
5
|
PENDANAAN
PEMBANGUNAN DAERAH
EKONOMI
PUBLIK
EKONOMI
PERPAJAKAN
MANAJEMEN
KEUANGAN PUBLIK
SEMINAR
KEUANGAN DAERAH
|
3
3
3
3
3
|
MKD 611
MKD 612
MKD 613
MKD 614
MKD 615
|
|
JUMLAH
|
15
|
|
2.
Mata
Kuliah Menurut Catur Wulan
2.1. Konsentrasi Perencanaan Pembangunan
Catur Wulan I
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
|
EKONOMI
MIKRO
EKONOMI
MAKRO
EKONOMI
PEMBANGUNAN
ANALISIS
PROYEK PEMBANGUNAN
|
3
3
3
3
|
MWP 601
MWP 602
MWP 603
MWP 607
|
|
JUMLAH
|
12
|
|
Catur Wulan II
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
|
EKONOMI
PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN
TEKNIK
PERENCANAAN PEMBANGUNAN
METODOLOGI
PENELITIAN
EKONOMETRIKA
TERAPAN
|
3
3
3
3
|
MWP 621
MPP 623
MPP 605
MWP 604
|
|
JUMLAH
|
12
|
|
Catur Wulan III
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
|
TEORI
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
EKONOMI
SUMBER DAYA ALAM
SEMINAR
PERENCANAAN PEMBANGUNAN
EKONOMI
PERKOTAAN DAN WILAYAH
|
3
3
3
3
|
MWP 606
MPP 624
MPP 625
MPP 622
|
|
JUMLAH
|
12
|
|
Catur Wulan IV
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
|
THESIS
|
6
|
MWP 608
|
|
JUMLAH
|
6
|
|
2.2. Kosentrasi Keuangan Daerah
Catur Wulan I
NO
|
MATA AJARAN
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
|
EKONOMI MIKRO
EKONOMI MAKRO
EKONOMI
PEMBANGUNAN
ANALISIS
PROYEK PEMBANGUNAN
|
3
3
3
3
|
MWP 601
MWP 602
MWP 603
MWP 608
|
|
JUMLAH
|
12
|
|
Catur Wulan II
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
|
EKONOMI
PUBLIK
MANAJEMEN
KEUANGAN PUBLIK
METODOLOGI PENELITIAN
EKONOMETRIKA
TERAPAN
|
3
3
3
3
|
MKD 612
MKD 614
MWP 605
MWP 604
|
|
JUMLAH
|
12
|
|
Catur Wulan III
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
2
3
4
|
TEORI
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PENDANAAN
PEMBANGUNAN DAERAH
SEMINAR
KEUANGAN DAERAH
EKONOMI
PERPAJAKAN
|
3
3
3
3
|
MWP 606
MKD 611
MKD 615
MKD 613
|
|
JUMLAH
|
12
|
|
Catur Wulan IV
NO
|
MATA KULIAH
|
SKC
|
KODE
|
1
|
THESIS
|
6
|
MWP 608
|
|
JUMLAH
|
6
|
|
G. PERATURAN AKADEMIK
1. Sistem Studi Program
MPP Unib
a. Waktu
penyelesaian studi normal 4 caturwulan (18 bulan). Jangka waktu penyelesaian
studi maksimum adalah 3 tahun.
b. Jumlah
beban studi mahasiswa adalah 42 SKC, tidak termasuk program matrikulasi.
c. Bagi
mahasiswa program MPP Unib yang merupakan lulusan S1 dari program studi Ekonomi
Pembangunan dalam waktu tidak lebih 2 tahun yang lalu, diperbolehkan untuk
mengikuti kuliah tanpa matrikulasi.
d. Bagi
mahasiswa yang belum selesai sampai batas waktu normal yang ditentukan, maka
mahasiswa yang bersangkutan diberi kesempatan untuk mengulang dengan dibebani
biaya per-catur wulan yang besarnya akan ditentukan oleh program.
e. Bagi
mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan batas waktu maksimal, maka mahasiswa
bersangkutan dinyatakan drop out (DO).
f.
Mahasiswa belum dinyatakan lulus
apabila pada akhir program belum mempunyai skor TOEFL 400 dan cakap dalam
English Conversation.
g. Mahasiswa
yang menyatakan stop out (SO) semasa
studi tidak diperhitungkan dalam menghitung jangka waktu penyelesaian studi
normal dan maksimum, dan pengajuan izin SO dapat dilakukan hanya 2 catur wulan
(8 bulan) dan tidak dilakukan secara berturut-turut.
2. Rencana Studi
Mahasiswa
a. Pada
awal caturwulan mahasiswa harus mengisi kartu rencana studi (KRS) dengan
dibimbing oleh pembimbing akademik (PA) yang ditunjuk.
b. Pada
waktu mengisi KRS, setiap mahasiswa harus melampirkan Laporan Hasil Studi (LHS)
dari cawu paling akhir yang telah ditempuh.
c.
Dalam
mengisi KRS, mahasiswa harus mencantumkan kode dan nama mata kuliah.
3. Batas Nilai Mata
Kuliah Minimum
Dalam
menyelesaikan studi, nilai mata kuliah minimum adalah C+ (C plus).
4. Syarat Penerimaan Mahasiswa
Pindahan
a. Program
Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu menerima
mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi
yang sama atau setara dengan Program MPP Unib.
b. Alasan
kepindahan ditunjukkan dengan bukti-bukti yang kuat dan sah.
c. Mahasiswa
pindahan pada poin satu (1) tidak dalam proses dikeluarkan dari perguruan
tinggi asal karena proses drop out atau sebab lain yang dikuatkan dengan
rekomendais dari Direktur Program MPP dari perguruan tinggi asal.
d.
IPK
minimal bagi mahasiswa pindahan adalah 2,50
e.
Mahasiswa
pindahan harus lulus tes administrasi dan evaluasi konfersi yang
diselenggarakan oleh program MPP Unib.
f.
Mahasiswa
pindahan harus mengikuti ketentuan akademik, kurikulum dan jangka waktu studi
yang berlaku di Program MPP Unib.
g.
Jangka
waktu studi mahasiswa disesuaikan dengan batas waktu program studi yang
ditempuhnya di program MPP Unib yang dihitung pada saat mulai terdaftar pada
perguruan tinggi asal sebelum pindah ke program MPP Unib.
h.
Mahasiswa
yang ingin pindah ke program MPP Unib harus mengajukan permohonan kepada
Direktur Program MPP Unib dengan melampirkan persyaratan termaksud pada pasal
ini.
i.
Program
MPP Unib dapat menerima mahasiswa pindahan pada saat dibukanya pendaftaran
mahasiswa baru, atau pada saat permulaan Cawu setelah mahasiswa pindahan
tersebut dievaluasi.
5. Peraturan
Perkuliahan
a. Perkuliahan
diselenggarakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
b. Segenap
mahasiswa, staf administrasi, dan dosen senantiasa menjaga dan mentaati
peraturan yang telah dibuat.
6. Mahasiswa
a. Terdaftar
sebagai mahasiswa Program MPP Unib.
b. Mahasiswa
wajib hadir minimum 75 % dari jadwal tatap muka yang ditentukan.
c. Bagi
mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan pada poin (b)di atas dan tanpa alasan
yang kuat dan sah, maka kepada mahasiswa tersebut akan diberikan sanksi sesuai
dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Program MPP
d. Mahasiswa
wajib menjaga ketenangan dan ketertiban kuliah.
e. Mahasiswa
wajib berpakaian rapi dan pakai dasi bagi mahasiswa pria.
f.
Mahasiswa wajib menandatangani absensi
(daftar hadir) kuliah.
g. Mahasiswa
yang terlambat selama 30 menit setelah kuliah dimulai, tidak diperkenankan
mengikuti kuliah pada saat itu.
7.
Dosen
a. Dosen
pengasuh mata kuliah berhak melaksanakan ujian akhir apabila telah melakukan
tatap muka 100% dari seluruh jadwal kuliah.
b. Dosen
wajib memberikan perkuliahan secara penuh baik dalam arti waktu, maupun materi
sesuai dengan SAP.
c. Dosen
wajib mempersiapkan diskripsi, silabus dan SAP dan memberikannya kepada
mahasiswa.
d. Dosen
wajib berpakaian rapi dan memakai dasi bagi dosen pria.
8. Tesis
Tesis
merupakan mata kuliah pembulat yang berbentuk laporan hasil kegiatan penelitian
dalam bentuk karya tulis ilmiah yang bersifat teoritis konseptual berdasarkan
analisis data sebagai salah satu syarat dalam penyelesaian studi pada Program
Studi Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu.
Pembuatan Tesis dilakukan dengan beberapa ketentuan;
· Tesis
ditulis dalam bahasa Indonesia ,
dengan abstrak dapat ditulis dalam bahasa Inggris Bagi peserta asing Tesis dapat ditulis dalam
bahasa inggris dengan abstrak dalam bahasa Indonesia .
·
Beban
penulisan Tesis adalah 6 SKC termasuk seminar usulan penelitian dan atau
seminar hasil penelitian.
·
Proses
penyusunan Tesis dilakukan pada Catur Wulan ke 3 karena mahasiswa dianggap
sudah memahami sejumlah pengetahuan pokok dan pengetahuan khusus program
studinya.
Ketentuan lebih detail tentang penyusunan Tesis akan
diatur dalam buku pedoman penyusunan
Tesis.
H. Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran/pengajaran pendidikan Program Magister Perencanaan Pembangunan
Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu terdiri dari antara lain; tatap muka dan
tutorial yang dilakukan oleh dosen pengasuh mata kuliah beserta tim dosen,
tugas terstruktur berupa penyusunan makalah, diskusi dan seminar, tugas mandiri
berupa penelusuran data, dan literatur ekonomi. Tugas tersebut dilakukan sesuai
dengan arahan dan bantuan serta bimbingan tim dosen dan dosen pengasuh mata
kuliah.
Mata
kuliah alat dan aplikasi seperti Ekonometrika Terapan, Evaluasi Proyek, dan
beberapa mata kuliah konsentrasi dan mata kuliah dasar sebagian akan
dilakukan pratikum dengan
menggunakan komputer, dan dibantu oleh tim dosen. Program studi dengan bantuan
asisten dosen juga memberikan jadwal waktu untuk asistensi mata kuliah tertentu
di luar jadwal kuliah. Dalam proses pembelajaran juga dilakukan evaluasi, baik
ujian mid, ujian akhir, diskusi, makalah, presentasi, tugas-tugas lain, ujian
proposal tesis, seminar tesis, dan ujian tesis.
1. Dosen Pembimbing
Dosen
pembimbing bertugas memberikan bimbingan, arahan dan pedoman bagi mahasiswa
berkaitan dengan masalah akademik dan penyelesaian studinya. Dosen pembimbing
adalah staf pengajar yang terlibat dalam proses pembelajaran pada program
Magister Perencanaan Pembangunan UNIB. Dosen pembimbing ini juga berkewajiban
untuk menghubungkan kepentingan mahasiswa dengan dosen pengasuh matakuliah,
pengasuh pratikum, dan dosen pembimbing tesis. Dosen Pembimbing satu ditentukan Minimal Strata 3
(doktor) dan pembimbing dua Minimal Strata 2 (Master).
2. Pembimbing Tesis
Pembimbing tesis adalah dosen pengasuh mata kuliah pada
Progam Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu
dan atau Guru Besar atau Doktor dibidang Ekonomi dan atau yang mengajar pada Perguruan
tinggi lain yang bersedia menjadi pembimbing penulisan Tesis dan berkualifikasi.
Mekanisme
pengaturan pembimbingan Tesis
dilaksanakan menurut buku pedoman penyusunan tesis yang dikeluarkan program
magister perencanaan pembangunan dibawah tanggungjawab ketua program.
Penunjukan dosen pembimbing Tesis disesuaikan dengan bidang keahlian dosen dan
menurut konsentrasi mahasiswa yang akan
menulis Tesis.
3. Ujian
Proposal Tesis
Ujian
proposal ditujukan untuk memberikan perbaikan dan penyempurnaan proposal
penelitian tesis mahasiswa khususnya berkenaan dengan masalah metodologi
penelitian yang digunakan. Ujian proposal dilaksanakan setelah mendapat
persetujuan dari dosen pembimbing tesis, dan dihadiri oleh dosen pembimbing, dan
dua orang dosen penguji.
4. Seminar hasil penelitian
Seminar
hasil penelitian dilakukan setelah mahasiswa mendapatkan persetujuan dari dosen
pembimbing satu da pembimbing dua.
Seminar tesis dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari peserta seminar
hasil. Adapun peserta seminar hasil
adalah dosen pembimbing satu dan dua dan diikuti oleh para undangan yang
terdiri dari dosen program MPP dan diikuti paling sedikit lima orang peserta
seminar dari mahasiswa program MPP cawu IV.
5. Ujian Tesis.
Ujian
tesis ditujukan untuk memberikan perbaikan dan penyempurnaan tesis. Ujian tesis
dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing tesis, dan
dihadiri oleh dosen pembimbing, dan dua orang dosen penguji. Jika telah lulus dalam ujian tesis, mahasiswa
berhak mengikuti yudisium dan wissuda.
6. Evaluasi
Perkuliahan
Evaluasi kegiatan perkuliahan pada masing-masing konsentrasi
dilakukan pada setiap akhir Catur Wulan dengan ketentuan sebagai berikut:
1.
Skala
penilaian adalah Skala 4, dengan symbol
(A, B, C, dan D)
· A
mempunyai nilai 4,00
· A
– mempunyai nilai 3,75
· B
+ mempunyai nilai 3,25
· B
mempunyai nilai 3,00
· B
- mempunyai nilai 2,75
· C
+ mempunyai nilai 2,25
2.
Nilai minimal IPK kelulusan untuk
Program Magister (M.Si) adalah 2,50
3.
Nilai Mata
Kuliah Konsentrasi minimal B
4.
Nilai tesis minimal B
5.
Tidak
boleh memiliki nilai C lebih dari 2 mata kuliah
6.
Predikat kelulusan program magister
perencanaan pembangunan adalah :
-
IPK 2,75
s.d 3,40 lulus dengan predikat Memuaskan
-
IPK 3,41
s.d 3,70 lulus dengan predikat Sangat Memuaskan
-
IPK ³ 3,71 lulus dengan
predikat Pujian
7. Penilaian
dan Ujian
Untuk
mengeavaluasi tingkat penguasaan ilmu yang diterima mahasiswa maka evaluasi
dilakukan secara bertahap, yaitu penilaian tengah Catur Wulan, tugas-tugas dan
penilaian akhir Catur Wulan, seminar dan diskusi serta penugasan. Untuk menjaga kualitas lulusan, penilaian dilakukan
dengan cara dan atau penggabungan cara:
1.
Ujian tertulis
2.
Penugasan
3.
Seminar dan diskusi
4.
Penulisan laporan dan makalah
Tabel 7. Metode Penilaian Progam Studi
No
|
Komponen Penilaian
|
Bobot (%)
|
1
|
Ujian Tertulis
|
65
|
2
|
Tugas Laporan makalah
Seminar, Diskusi & Presentasi
|
20
|
3
|
Kehadiran / Absensi
|
15
|
|
Jumlah
|
100
|
8. Penilai / Penguji
Penguji adalah pengasuh atau
dosen matakuliah pada Program studi Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas
Ekonomi Universitas Bengkulu. Mereka berkualifikasi sekurang-kurangnya Master/Magister dan atau Lektor
Kepala. Mereka juga dapat berasal dari lembaga pendidikan atau universitas lain atau perorangan yang ahli setara dalam
kualifikasi keilmuan yang berasal dari lembaga pendidikan (universitas).
Penguji/penilai diusulkan oleh program studi, sepengetahuan Dekan Fakultas
Ekonomi. Selanjutnya mereka akan ditetapkan dengan surat keputusan Ketua
Program studi Magister Perencanaan Pembangunan untuk melaksanakan tugas sebagai
penguji.
9. Penguji Ujian
Akhir (Tesis)
Ujian Tesis
diselenggarakan oleh sekretariat Program Studi Magister Perencanaan
Pembangunan, dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
Ujian
Tesis dilaksanakan setelah ada persetujuan dari pembimbing Tesis berupa
pembubuhan tanda tangan pada lembar pengesahan pada Tesis mahasiswa.
2.
Ujian Tesis terdiri dari 3 orang
termasuk pembimbing tesis.
3.
Ujian Tesis dipimpin oleh Pembimbing Utama yang bertindak sebagai ketua
sidang sekaligus penguji, yang bertugas
mengatur jalannya ujian.
4.
Lama ujian
Tesis kurang lebih 2 jam
5.
Hasil
ujian dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu;
1). Peserta
dinyatakan Lulus
a)
Lulus secara langsung tanpa
perbaikan
b)
Lulus
dengan syarat, yaitu peserta dinyatakan lulus tetapi masih harus melakukan
perbaikan atau perubahan Tesis.
2). Tidak
Lulus
a)
Peserta yang tidak lulus dalam ujian
dan berkewajiban memperbaiki Tesis serta menempuh ujian ulang dalam waktu
maksimal 3 bulan
b)
Tidak
lulus mutlak. Peserta harus melakukan perubahan masalah dan judul tesis serta
melakukan penelitian ulang.
LAMPIRAN 1:
Diskripsi Mata Kuliah
EKONOMI MIKRO
Deskripsi
Matakuliah
Mata ajar ini membahas prinsip-prinsip ekonomi terutama
mikroekonomi yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis kebijakan publik.
Dengan mempelajari bagaimana individu (baik rumah tangga maupun perusahaan)
membuat keputusan dan berinteraksi di pasar, mahasiswa dapat memperoleh
pemahaman yang lebih baik tentang potensi dan batasan dari sebuah kebijakan
publik.
Melalui mata ajar ini, mahasiswa akan diajarkan pada
berbagai peralatan mikroekonomi yang sangat berguna dalam menjelaskan dunia
nyata dan kaitannya dengan kebijakan publik termasuk kerangka berpikir analisis
dalam memecahkan masalah. Mata ajar ini akan dapat diikuti dengan baik jika
mahasiswa telah dapat menguasai pengetahuan dasar kalkulus dan pemahaman
diagram, dimana sebagian besar kegiatan pengajaran akan menggunakan bahasa
diagram dan matematis selain dari bahasa verbal.
Tujuan Pengajaran
Setelah mengikuti keseluruhan kegiatan pengajaran ini
mahasiswa diharapkan dapat memahami dasar-dasar mikroekonomi yang dapat
digunakan untuk menganalisa kebijakan publik, yang terdiri dari konsep dasar
permintaaan dan penawaran terhadap kesejahteraan, peran kebijakan publik dalam
mempengaruhi kesejahteraan, dan dalam mengatasi kegagalan pasar, seperti
kebijakan perpajakan, subsidi, eksternalitas, dan kebijakan yang terkait dengan
ketidaksempurnaan pasar (inperfect market).
Bahan
Bacaan
1.
Mankiw,
Gregory, (2004), Principle of economics, 3rd
edition, Thompson: South Westen, Ohio ,
(M).
2.
Apgar,
William C. & James Brown, (1997), Mikroekonomics
and Public Policy, Scott, Foreman and Company (A).
3.
Pindyck,
Robert S. & D.L. Rubinstein, (2001), Microeconomic,
5th edition, Prentice Hall (P).
ANALISIS PROYEK PEMBANGUNAN
Deskripsi Matakuliah
Mata
kuliah Analisis Proyek akan memberikan pemahaman mengenai bagaimana menilai
kelayakan proyek, terutama proyek-proyek publik yang umumnya tidak
profit-oriented. Investasi pada proyek-proyek publik selain bertujuan
memberikan nilai ekonomi (financial
return) yang tinggi, terutama bertujuan meningkatkan kesejahteraan
masyarakat (social-economic return)
melalui efisiensi penggunaan sumber daya yang persediaannya semakiin terbatas.
Dalam
mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana
menentukan layak tidaknya suatu investasi atau bagaimana mengupayakan agar
suatu investasi proyek menjadi layak dilaksanakan; yang dapat dilihat dari
susut pandang investor pemilik dana, dari sudut pandang pemerintah dan sudut
pandang masyarakat luas. Hal-hal apa yang harus diperhatikan untuk mengurangi
kegagalan proyek terutama proyek-proyek publik yang tidak dapat dilepaskan dari
peraturan, kebijakan pemerintah, keadaan dan situasi ekonomi, dll.
Kuliah
ini akan mencakup pemahaman mulai dari pengertian investasi, kegiatan dan
proyek, perencanaan proyek, monitoring dan evaluasi proyek (ex-ante; on-going dan ex-post project
evaluation). Untuk itu mahasiswa akan mendapatkan penjelasan mengenai
bagaimana kita dapat menghitung kelayakan proyek dengan penekanan pada
proyek-proyek publik yang outputnya biasanya bukan merupakan tujuan utama
investasi, seperti proyek jalan, proyek pasar, jembatan, sekolah, rumah sakit,
dll. Proyek-proyek publik baru dapat dinyatakan berhasil bila sudah terlihat
(outcome atau fungsi dari output) dan dirasakan manfaatnya (benefit dan goal)
bagi perekonomian dan masyarakat luas. Bagaimana kita dapat menghitung nilai
manfaat suatu proyek yang nilai manfaatnya sulit (tetapi dengan metode yang ada
dapat) dikuantifisir, misalnya nilai sehat, pandai, nilai indah, bersih,
nyaman, lancar, dll yang merupakan tujuan pembuatan output proyek-proyek publik
tersebut.
Tujuan Perkuliahan
Tujuan dari mata kuliah ini adalah:
1.
Membekali para mahasiswa dengan teori
dan metodologi mengenai analisis kelayakan investasi proyek/kegiatan.
2.
Memperkenalkan aplikasi teori dalam
kasus-kasus analisis proyek terutama proyek-proyek publik.
Mata
kuliah analisis proyek ini akan memberikan pemahaman mengenai pertimbangan
dalam pengambilan keputusan investasi utamanya untuk proyek-proyek publik.
Porsi teori akan diutamakan dibantu dengan latihan dalam studi kasus
proyek-proyek yang ada di Indonesia
untuk mempermudah aplikasi teori. Menentukan alokasi dana pada proyek-proyek
komersial sangat berbeda dalam prioritas dengan proyek-proyek publik. Berbagai
pertimbangan harus dilalui melalui analisis kelayakan di berbagai aspek
investasi. Proyek untuk pelayanan kepada publik, untuk meningkatkan kenyamanan
dan kesejahteraan masyarakat tidak melulu memperhitungkan untung rugi dalam
pengembalian modal investasi, tetapi lebih mengutamakan bahwa dengan penggunaan
dana negara (sumber dana negara/masyarkat/rakyat) walupun proyek tidak dapat
mengembalikan modal yang ditanam, tetapi yang penting proyek dapat mencapai
sasaran (goal/target/impact makro: sasaran sektoral, regional dan nasionalnya.
Banyak sekali faktor yang mempengaruhi dan perlu diperhitungkan sebelum
keputusan untuk investasi dilakukan. Bagaimana menghitung dan menganalisis
kelayakan proyek sepeerti ini dari berbagai aspek adalah tujuan utama mata
kuliah ini.
Bahan bacaan
Wajib:
1.
Gittinger.
(1982) Economic Analysis of Agricultural
Project.. Worls Bank (GT)
2.
Jhon
Weiss and Steve Curry (1988), Project
Analysis for Developing Countries (WC)
3.
Weiss,
Carol H, (1998): Evaluation Methods for
Studying Programs and Policies. Prentice Hall, New Jersey . (Car)
4.
Schmid, A. Allan (1993), Analisis Biaya Manfaat, pendekatan Ekonomi
Publik. Alih
Bahasa oleh Nizam A. Yunus. (AS)
5.
Gilroy Coleman.
Project Planning (1987), Logical
Framework Approach to Monitoring and
Evaluation of Agricultural and Rural Development Project. Project Appraisal
VO. 2, No. 4. (GC)
6.
Winpenny.
(1991) Values of the Environment: A Guide
to Economic Appraisal HMSO, London
(Win)
7.
Dixon , Jhon A and
others (1988), Economic Analysis of The
Environmental Impact of Development Projects, Eartahscan, London .
(JD)
EKONOMI MAKRO
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata
kuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai teori ekonomi makro
serta kebijakan dalam ekonomi makro. Pendekatan yang digunakan adalah secara
grafis dan matematika sederhana untuk menjelaskan kerangka teori ekonomi makro.
Selain itu, mata kuliah ini akan menekankan studi kasus
mengenai kebijakan dalam ekonomi makro. Melalui mata kuliah ini mahasiswa
diharapkan dapat memanfaatkan teori ekonomi makro dalam perencanaan dan
kebijakan publik.
Tujuan Pengajaran
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami kerangka dasar
mengenai konsep/teori ekonomi makro, data ekonomi makro dan perhitungan
pendapatan nasional; keterbukaan dalam perekonomian; pertumbuhan ekonomi; serta
berbagai perdebatan dalam kebijakan ekonomi makro.
Bahan Bacaan
1.
Blanchard,
Oliver. Macroeconomics. 3 rd
edition. New Jersey : Prentice Hall, 2003 (OB )
2.
Dornbusch,
Rudiger dan Fisher, Stanley .
Macroeconimics. 7th
edition. McGraw Hill, 1998 (DF)
3.
Mankintosh,
Gregory. Macroeconomics. 5th edition.
New York :
Worth Publisher, 2003 (GM)
EKONOMI PEMBANGUNAN
A. Deskripsi Mata kuliah
Mata kuliah ini, yang disebut juga Development
Economics melacak proses pertumbuhan ekonomi dalam pengertian tradisional,
tetapi disertai dengan pembahasan tentang perubahan stuktural dalam mekanisme
sosial, politik dan kelembagaan yang diperlukan untuk memdorong pertumbuhan yang
disertai dengan upaya pengurangan tingkat kemiskinan, penurunan derajat pengangguran dan mempersempit kesenjangan
kesempatan berusaha dan pendapatan,
serta memperhatikan aspek-aspek lingkungan/pelestarian sumber daya alam menuju
pembangunan yang berkelanjutan (lestari).
B. Tujuan Pengajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa
diharapkan mampu untuk memahami dan mengaplikasikan tentang ekonomi dan
pembangunan, baik yang bersifat teoritis, metode pendekatan, serta penggunaan
model dalam perencanaan ekonomi dan pembangunan
sehingga mahasiswa dapat menentukan kebijakan dalam perencanaan baik
secara makro maupun mikro.
C. Bahan Bacaan :
1. Barro, RJ and Xavier Sala, Economic Growth, Mc Graw- Hill , USA ,
1995
2. Todaro,M.P.Economics
Development of the Third World, Longman New
York & London ,
fifth edition, 2000 (T)
3. Chenery H & TH Srinivasan, ed. Handbook of Developmend Economics,
Vol I & II, Elsier Science pb, Amsterdam, 1988.
4. Meir,G.M, Leading Issues in
Economic Development, Six Edition, Oxford Universitay Press,1995 (GM)
5. Beberapa edisi World
Development Report yang relevan dengan materi yang dibahas (WDR )
6. Thomas,V.et.al,Quality of
Growth,Word Bank,2000 (QG)
EKONOMI PERENCANAAN
DAN PEMBANGUNAN
Deskripsi
Matakuliah
Dalam
mata kuliah Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan memberikan pemahaman dasar
tentang perencanaan ekonomi, arti dan fungsi perencanaan ekonomi, berbagai
macam perencanaan ekonomi dan pembangunan, hingga pada pengalaman perencanaan
ekonomi dan pembangunan di Indonesia .
Penekanan pengajaran pada kemampuan penguasaan untuk memahami dan
mengaplikasikan tentang perencanaan ekonomi dan pembangunan, baik yang bersifat
teoritis, metode pendekatan, serta pengunaan model dalam perencanaan ekonomi
dan pembangunan. Materi ajar meliputi pengertian; fungsi dan manfaat
perencanaan; cirri, tujuan dan bentuk perencanaan pembangunan; proses dan unsur
pokok perencanaan pembangunan; permasalahan dan potensi pembangunan; kerangka
makro dan kebijakan menyeluruh yang konsisten dalam perencanaan; perencanaan
sektor non ekonomi; perencanaan sektor usaha swasta; perencanaan regional;
kiatan perencanaan dengan anggaran belanja Negara; otonomi daerah.
Tujuan Pengajaran :
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami dan
mengaplikasikan tentang perencanaan ekonomi dan pembangunan, baik yang bersifat
teoritis, metode pendekatan, serta penggunaan model dalam perencanaan ekonomi
dan pembangunan sehingga mahaisiwa dapat
menentukan kebijakan dalam perencanaan baik secara makro maupun mikro.
Buku Referensi :
1.
Jan
Timbergen, Rencana Pembangunan, UI-Press Jakarta ,
1995.
2.
Richard
E Closterman, Community Analysis and
Planing Techniques, Rowman and
littlefield Publishers,Inc, 1991
3.
Richard
L, Meier, Developiment Planning, Mc. Graw-Hill Book Company, 1985
4.
Todaro
M, Development Planning, Model and Method, London , 1994
5.
Griffin , KB, J Enos,
Planning Development, Edison Wesley Pub. Co, 1970
EKONOMI PERKOTAAN
DAN WILAYAH
Deskripsi
Mata kuliah
Mata
kuliah ini memberikan pemahaman tentang
konsep-konsep ekonomi perkotaan secara toritis, kawasan perkotaan, dan
juga permasalahan-permasalahan perkotaan dan wilayah (regional) di negara
berkembang dan negara maju termasuk di Indonesia . Peranan pemerintah
termasuk pemerintah daerah dalam pembangunan daerah perkotaan juga menjadi
bahasan dalam mata kuliah ini. Mata kuliah akan membahas aspek perkotaan dan
regional seperti kekuatan pasar (market force) dalam perkembangan kota/wilayah,
sewa dan tata guna tanah (land rent & land use), zonasi ( zoning), dan
konsep perumahan (housing) termasuk pengembangan real estate. Selain itu, mata
kuliah ini juga memberikan pemahaman transformasi kota (urban transformation) dan
restrukturisasi perkotaan, pembangunan perkotaan/regional, transfortasi
perkotaan, industri dan ketenagakerjaan di perkotaan/regional dan pertumbuhan
perkotaan (urban & regional growth) serta daerah metropolitan.
Tujuan Pengajaran
Setelah
mengambil mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami elemen-elemen penting
pembangunan daerah, mampu melakukan analisis terhadap berbagai masalah dan isu
dalam pembangunan daerah dan perkotaan
dengan menggunakan kerangka pikir yang terstruktur dan sistematis, dan mampu
mengajukan alternatif kebijakan yang dapat diambil oleh Pemerintah daerah untuk
mengatasi suatu masalah.
Buku Referensi :
1.
Arthur.
M. Sullivan, 1990, Urban Economics, Irwin, Inc.
2.
Susan.
S Fainstein , et al, 1986, Restructuring the
City, The political Economy of Urban Redevelopment, Revised Edition, Longman
Inc. 1991
3.
Mile,
Mike E., et al, Real Estate Development, Principles and Process, ULI, The Urban
Land Institute, 1991
4.
Avron
Bendavid-Val, Praeger 1991, Regional and Local Economics Analysis for
Practicioners, fourth edition
5.
Brailley,
Stephen J. Local Government Economic ; Principle & Practice, macMillan
Press 1th, London ,
1999
TEKNIK PERENCANAAN
PEMBANGUNAN
Deskripsi
Matakuliah
Mata
kuliah Teknik Perencanaan Pembangunan memberikan pemahaman dasar tentang
perencanaan ekonomi, terutama dalam menganalisa kondisi masa lalu sampai
sekarang memperkirakan kedaan yang akan datang dan menetapkan tujuan. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dalam
mengaplikasikan metoda dan teknik perencanaan pembangunan. Metoda dan teknik perencanaan berupa
pendekatan model-model dalam perencanaan pembangunan, termasuk model perencanaan
pembangunan wilayah dan perkotaan, model perencanaan sector usaha swasta dan
sector non ekonomik.
Tujuan
Perkuliahan
Tujuan
utama dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan peralatan teknik perencanaan
pembangunan yang diharapkan dapat membantu dalam penulisan tesis. Selain itu,
dengan menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan
analisis tentang hubungan dan perkembangan variabel-variabel ekonomi dan non
ekonomi dari model-model persamaan tunggal, penyimpangan beberapa asumsi estimasi,
dan pemahaman tentang konsep-konsep pokok dari model persamaan simultan.
Buku Referensi :
1.
Jan
Timbergen, Rencana Pembangunan, UI-Press Jakarta ,
1995.
2.
Richard
L, Meier, Developiment Planning, Mc. Graw-Hill Book Company, 1985
3.
Todaro
M, Development Planning, Model and Method, London , 1994
4.
Griffin , KB, J Enos,
Planning Development, Edison Wesley Pub. Co, 1970
EKONOMI PUBLIK
Deskripsi Matakuliah
Ilmu
ekonomi keuangan publik (public Finance) adalah cabang ilmu ekonomi yang
mempelajari berbagai aspek keuangan publik (pemerintah dalam arti luas). Dalam
ilmu ini baik anggaran pendapatan dan belanja pemerintah maupun keuangan
perusahaan-perusahaan pemerintah dibahas dan dikaji. Kajian dan bahasan tentang
keuangan publik ini kini menjadi semakin penting dibandingkan dengan masa-masa
yang lalu karena di masa sekarang ini kehidupan makin diwarnai desakan tuntutan
untuk demokratik. Di alam kehidupan yang demokratik ini, tidak dapat tidak,
kiprah pemerintah di berbagai aspek, termasuk bidang keuangan, mesti dipertanggungjawabkan
secara langsung kepada masyarakat atau para wakil rakyat di parlemen. Kiprah
pemerintah yang dinilai buruk oleh rakyat (wakil rakyat) niscaya akan merugikan
pemerintah itu sendiri, yakni dengan segera akan digulingkan dari posisi
kekuasaannya; dan sebaliknya bila kiprah itu dinilai baik maka rakyat akan
berupaya sekuat tenaga untuk mempertahankannya.
Tujuan Perkuliahan
Mata
kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang aspek-aspek yang berkait
dengan keuangan publik, khususnya keuangan pemerintah pusat (nasional) beserta
dengan perusahaan-perusahaan milik, atau sebagian besar sahamnya dimiliki oleh,
pemerintah pusat (BUMN). Setelah mengikuti kuliah ini mahasiwa diharapkan
mengetahui prinsip-prinsip pengelolaan keuangan publik yang baik, serta mampu
mengkaji/menganalisis implikasi berbagai kebijakan di bidang keuangan publik
terhadap kehidupan masyarakat luas.
Daftar Bacaan
1.
Mugrave
A, Richard and Musgrave B, Peggy (1998), Public
Finance in Theory and Practice, McGraw-Hill Book Company, 5th
edition, New York
(MM).
2.
Broadway,
W, Robin, Public Sector Economics(1979),
Little Brown and Company. Boston
(BR).
3.
Hilman,
L, Ayre (2003), Public Finance and Public
Policy, Cambridge University Press ,
UK (HA).
4.
Berne,
Robert and Schramm, Richard (1986), The
Financial Analysis of Government, Prentice Hall, New Jersey (BE & SR).
5.
Browning,
K, Edgar and Browning M, Jacquelene (1979), Public
Finance and The Price Sistem, 4Th Edition (BE & BJ)
6.
Stiglitz,
E, Joseph (1999), Economics of Public
Sector, WW Norton and Company, London
(SJ).
7.
Heald
Daviv (1983), Public Expenditure, Martin Robertson, Oxford , UK
(HD).
EKONOMETRIKA TERAPAN
Deskripsi Matakuliah
Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan kerangka
peralatan kuantitatif yang berbasis metode statistika, matematika, dan ekonomi.
Topik yang dibahas lebih menekankan hubungan kausal antar variabel berupa
analisis regresi untuk persamaan tunggal dan simultan. Prasyarat untuk
mengikuti mata kuliah ini adalah statistika (probabilitas dan pengujian
hipotesis), matematika (turunan dan matriks), dan ekonomi (mikroekonomi dan
makroekonomi). Konsep dan metode tersebut diberikan pada
matrikulasi Analisis Kuantitatif, teori mikroekonomi , dan teori makroekonomi.
Tujuan Pengajaran
Tujuan
utama dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan peralatan teknik
ekonometrika yang diharapkan dapat membantu dalam penulisan tesis. Selain itu,
dengan menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan
analisis tentang hubungan dan perkembangan variabel-variabel ekonomi dan non ekonomi
dari model-model persamaan tunggal, penyimpangan beberapa asumsi estimasi,
topik-topik dalam regresidan pemahaman tentang konsep-konsep pokok dari model
persamaan simultan.
Bahan Bacaan
1.
Dougherty,
C.2002. Introduction Economics. Second Edition. Oxford University Press Inc, New York . (DC)
2.
Gujarati,
D.N. 2003. Basic Econometrics. Fourth Edition. McGraw-Hill, Inc, New York . (GD)
3.
Kennedy,
P. 1992. A Guide To Econometrics. Third Edition. The MIT Press, Cambridge , Massachusetts .
(KP)
4.
Koutsyoyiannis,
A. 1997. Theory of Econometrics. Second Edition. Harper and Row Publisher Inc. New York . (KA)
5.
Nachrowi, N.D. dan H.
Usman. 2002. Penggunaan Teknik Ekonometi Pendekatan Populer & Praktis
Dilengkapi Teknik Analisis & Pengolahan Data Dengan Menggunakan Program
SPSS. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. (NN)
6.
Pindyck, R.S. dan D>l.
Rubinfield.1991. Econometrics
Models and Econometric Forecast, Third Edition. McGraw-Hill, Inc, New York . (PR)
7.
Ramanathan,
R. 1992. Introductory Econometrics With Applications. Second Edition. Harcourt
Brace Jovanovich, Inc, Orlando ,
Florida (RR)
8.
Dajan, A.
1987. Pengantar Metode Statistik I. Edisi Revisi, LP3ES. (DA)
PENDANAAN
PEMBANGUNAN DAERAH
Deskripsi Matakuliah
Otonomi
daerah dan desntralisasi menjadi peristiwa yang mendunia di pengujung abad 20
dan awal abad 21. lebih dari 80% negara-negara di dunia, baik itu yang
tergolong sebagai negara maju, yang bersistem ekonomi kapitalis-liberal; negara
yang dahulunya bersistem ekonomi campuran, telah melakukan desentralisasi di
bidang politik, fiskal, administrasi ataupun pasar. Ada banyak faktor yang menyebabkan proses
desentralisasi dan otonomi daerah ini menjadi berlangsung di berbagai negara,
sebagian bersifat internal dan sebagian lain bersifat eksternal. Ada banyak faktor pula
yang menyebabkan desentralisasi dan otonomi daerah ini pada gilirannya menjadi
berhasil atau gagal.
Tujuan Perkuliahan
Mata
kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang (i) sebab-sebab mendunianya
desentralisasi dan otonomi daerah di penghujung abad 21; (ii) manfaat,
prasyarat dan kendala keberhasilan desentralisasi di negara-negara berkembang,
dan terutama di Indonesia; (iii) prinsip pembagian kewenangan (tanggung jawab
penyelenggaraan urusan) dan keuangan (sumber penerimaan) antara Pemerintah
Pusat dengan Daerah;(iv) norma dan praktek hubungan keuangan (fiskal) antara
Pemerintah Pusat dengan Daerah di Indonesia, sebelum dan setelah lahirnya UU
NO.22 dan 25 Tahun 1999 serta NO.32 dan 33 Tahun 2003 Tentang Pemerintah Daerah
dan Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dengan Daerah.
Daftar Bacaan
1.
Oates,
E, Wallace (1998), The Economics of
Fiscal Federalism and Local Finance, Edward Elgar Publisher, Ltd, USA
(OW)
2.
Minassian,
T, Teresa (1997), Fiscal Federalism in Theory nad Practice, IMF (MT).
3.
Rondinelli,
A, Denis and Cheema, G, Shabbir (1983), Decentralization
and Development, Sage Publication, UK (RD & CS).
4.
Shah,
Anwar and Qureshi, Zia (1994), Intergovernment
Fiscal Relations in Indonesia, World Bank. (SA & QZ)
5.
Aziz,
A and Arnold, D (1997), Desentralisasi
Pemerintahan: Pengalaman Negara-Negara Berkembang (terj), Pustaka A, Yogyakarta . (AA & AD).
6.
Maddick,
Henry (2004), Desentralisasi dalam
Praktek (terj), Pustaka Kendi, Yogyakarta .
(MH)
7.
Bird,
N, Richard, (2000), Desentralisasi Fiskal
di Negara-negara Berkembang(terj), PT. Gramedia, Jakarta . (BR)
8.
Mackintosh,
Maureen and Roy, RATHIN (1999)
9.
Wellich,
Dietmar (2000), Theory of Public Finance
in a Federal State ,
Cambridge , UK . (WD)
TEORI PENGAMBILAN
KEPUTUSAN
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah ini memperkenalkan teknik analisis
kuantitatif yang sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan. Materi kuliah difokuskan pada pengambilan
keputusan dalam ketidakpastian, dan beresiko, teori permainan dan penyampaian
teknik linier programming, input – output (IO) dan metode AHP
Dalam
kuliah akan diberikan berbagai teknik secara teoritis, dan aplikasi berupa
contoh-contoh permasalahan. Dengan terbiasa menyelesaikan suatu permasalahan
yang diberikan, diharapkan mahasiswa akan terbiasa dalam memahami permasalahan,
dan menyelesaikan berdasarkan algoritma yang telah digariskan. Kuliah ini juga
akan menitikberatkan perhitungan menggunakan software komputer, sehingga
mahasiswa tidak terlalu terbebani dengan penghitungan manual, dan dapat focus
pada teknik analisis yang didapat dari output komputer.
Tujuan Pengajaran
Mata
kuliah ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang metodologi mode-model
kuantitatif untuk pengambilan keputusan. Mengingat latar belakang mahasiswa
yang bervariasi, maka penyajian teori akan dilakukan secara popular tanpa
mengenyampingkan aspek matematis yang mendasari teori tersebut. Selain
metodologi, mata kuliah ini akan menekankan pula pada aplikasi praktisnya
dengan menggunakan software komputer. Oleh karena itu mahasiswa juga diharapkan
mampu menguasai software yang digunakan untuk pengolahan data.
Bahan Bacaan
1.
Nachrowi. D. dan Hardius
Usman. 2004.
Teknik Pengambilan Keputusan.
Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia ).
2.
Walter
Isard (ed). Methods of Interregional and
Regional Analysis. 1998. Ashgate.
3.
R.E.
Miller and P.D. Blair. Input-output
analysis: Foundation and extensions. 1995. Prentice-Hall.
4.
Suahasil
Nazara. Analisis Input-Output. 1997.
LP-FEUI.
5.
Bambang
Brodjonegoro, AHP. 1992. PAU-Ekonomi UO.
6.
Thomas
L Saaty. 1999. Multicriteria Decission
Making the AHP. California .
Lifetime Publication.
7.
Thomas
L Saaty. 2000. Fundamentals of decision
Making and Priority Theory with Analytic Hierarcy Process.
METODOLOGI PENELITIAN
Deskripsi
Matakuliah
Kuliah
ini membahas penelitian ilmiah dan
segala sesuatunya sejak mempersiapkan penelitian sampai dengan penulisan hasil
penelitian ( laporan penelitian ).
Materi yang diberikan meliputi pentingnya penelitian, masalah dalam
penelitian, usulan penelitian,
penyusunan kuesioner, pengolahan data dan tehnik pembuatan laporan
. Penyajian materi dengan cara kuliah biasa dan praktek lapangan.
Tujuan
Perkuliahan
Tujuan
utama dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa
agar dapat melaksanakan penelitian sesuai dengan kaidah-kaidah proses
penelitian yang benar. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat melakukan analisis
tentang hubungan dan perkembangan variabel-variabel ekonomi dan non ekonomi
dari model-model persamaan tunggal, penyimpangan beberapa asumsi estimasi, dan
pemahaman tentang konsep-konsep pokok dari model persamaan simultan.
Buku Referensi :
1.
Cooper,
Donald R dan Pamela S. Schindler, Business
Research Methods, Mc Grow-Hill / Irwin, New York, 2001.
2.
Earl
Babbie, The Practice of Social Research,
Wodswoorth Pub Conpany, Belmont ,
1995.
3.
Mikkalsen,
Britha, Methods for Development Work and
Research; A guide for Practioners, Sage Publications Inc, 1995.
MANAJEMEN KEUANGAN
PUBLIK
Deskripsi Matakuliah
Sesuai
dengan semangat reformasi menurut Pfefermen terdapat tiga jangkar kreadibilitas
pemerintah, yaitu reputasi, keterbukaan dan adanya partisipasi masyarakat untuk
dapat melakukan pengontrolan dan penyeimbangan (check & balance). Dengan TAP MPR XI/1999, UU No. 28/1999 dan
Inpres No.7/1999, maka good governance
dan akuntabilitas menjadi penting di Indonesia. Berdasarkan petunjuk World Bank
1993, maka ditemui 5 buah karakter pemerintah yang baik, yaitu: (1) Masyarakat
memiliki partisipasi yang besar, (2) Pembuatan kebijakan Pemerintah berlangsung
terbuka dan dapat diramalkan, (3) Pimpinannya dapat dipercaya (mempunyai
akuntabilitas), (4) Ada birokrasi profesional, serta (5) Adanya aturan hukum
yang jelas.
Tujuan Pengajaran
1.
Menjelaskan makna dan teori serta
praktek menajemen strategik di sektor publik terutama tentang pemahaman konflik
serta upaya penyelesaiannya.
2.
Melatih diskusi dan presentasi serta
debat mahasiswa dengan topik terpilih yang aktual dengan pendekatan manajemen
strategik di sektor publik sehingga pemahaman publik antar stakeholder di
sektor publik dapat diselesaikan dengan baik.
3.
Melatih kemampuan sintesa dan
analisis mahasiswa yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk pembuatan pelaporan
yang baik yang mencerminkan semangat good
governance dan akuntabilitas dengan langkah-langkah manajemen strategik.
4.
Melatih mahasiswa untuk dapat
memberikan sumbangan dalam kebijakan publik dengan memakai langkah manajemen
strategik di sektor publik.
Buku Bacaan
Buku wajib:
·
Nining
I. Soesilo, “Reformasi Pembangunan Dengan pendekatan Manajemen Strategik
(Pendekatan Teoritis)”, MPKP FEUI, Depok, 2002.
·
Nining I. Soesilo, Manajemen Strategik Dalam
Sektor Publik(Pendekatan Praktis)”, MPKP FEUI, Depok,2002.
·
Hoogwood,
Brian W & Gunn, Lewis A, “Policy for The Real World” Oxford University
Press, 1986.
·
Lembaga
Administrasi Negara dan BPKP, “Model Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah (AKIP)”, ada 5 buku,
Maret 2000.
Buku Tambahan
·
Rowe,
Alan J; Richard O. Mason; Karl E. Dickel, “Strategic Management, a
Methodological Approach”, Addison Wesley Publishing Company, Singapore , 1987.
·
Ban,
Caroline, “ How do Public Managers Manage? Bureacratic Constraints,
Organizational Culture and Potential for Reform”, Jossey-Bass Publisher, San
Fransisco, 1995.
SEMINAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN
(KONSENTRASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN)
Deskripsi
Matakuliah
Mata
kuliah ini memuat bahasan tentang berbagai hal yang menyangkut bidang
konsentrasi Perencanaan Pembangunan. Melalui bahasan ini diharapkan para
mahasiswa/i akan semakin luas cakrawala pemikirannya, terutama di bidang ilmu
yang diminatinya, dan semakin kritis serta jeli dalam mencermati
persoalan-persoalan yang bersentuhan dengan bidang ilmu yang diminatinya itu.
Tujuan
Mata kuliah
Tujuan
akhir dari mata kuliah ini adalah, pertama, minimum, agar mahasiswa dapat
merampungkan proposal tesisnya, dan kedua, melatih mahasiswa/i untuk
mempresentasikan hal-hal yang dipikirkannya, yang menyangkut bidang ilmunya,
serta menanggapi secara kritis namun bijaksana terhadap buah pikiran orang lain
Bahan Bacaan
1.
Jan
Timbergen, Rencana Pembangunan, UI-Press Jakarta ,
1995.
2.
Richard
E Closterman, Community Analysis and
Planing Techniques, Rowman and
littlefield Publishers,Inc, 1991
3.
Richard
L, Meier, Developiment Planning, Mc. Graw-Hill Book Company, 1985
4.
Todaro
M, Development Planning, Model and Method, London , 1994
5.
Griffin ,
KB, J Enos, Planning Development, Edison Wesley Pub. Co, 1970
SEMINAR KEUANGAN DAERAH
(KONSENTRASI KEUANGAN DAERAH)
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini memuat bahasan tentang berbagai hal yang
menyangkut bidang konsentrasi Keuangan Daerah. Melalui bahasan ini diharapkan para
mahasiswa/i akan semakin luas cakrawala pemikirannya, terutama di bidang ilmu
yang diminatinya, dan semakin kritis serta jeli dalam mencermati
persoalan-persoalan yang bersentuhan dengan bidang ilmu yang diminatinya itu.
Tujuan Mata kuliah
Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah, pertama,
minimum, agar mahasiswa dapat merampungkan proposal tesisnya, dan kedua,
melatih mahasiswa/i untuk mempresentasikan hal-hal yang dipikirkannya, yang
menyangkut bidang ilmunya, serta menanggapi secara kritis namun bijaksana
terhadap buah pikiran orang lain
Bahan
Bacaan
1.
Oates,
E, Wallace (1998), The Economics of
Fiscal Federalism and Local Finance, Edward Elgar Publisher, Ltd, USA
(OW)
2.
Minassian,
T, Teresa (1997), Fiscal Federalism in Theory nad Practice, IMF (MT).
3.
Rondinelli,
A, Denis and Cheema, G, Shabbir (1983), Decentralization
and Development, Sage Publication, UK (RD & CS).
4.
Shah,
Anwar and Qureshi, Zia (1994), Intergovernment
Fiscal Relations in Indonesia, World Bank. (SA & QZ)
5.
--------------(1994),
The Reform of Intergovernmntal Fiscal
Relations in Developing and Emerging market Economies, World Bank.
6.
Aziz,
A and Arnold, D (1997), Desentralisasi
Pemerintahan: Pengalaman Negara-Negara Berkembang (terj), Pustaka A, Yogyakarta . (AA & AD).
7.
Maddick,
Henry (2004), Desentralisasi dalam
Praktek (terj), Pustaka Kendi, Yogyakarta .
(MH)
8.
Bird,
N, Richard, (2000), Desentralisasi Fiskal
di Negara-negara Berkembang(terj), PT> Gramedia, Jakarta . (BR)
9.
Mackintosh,
Maureen and Roy, RATHIN (1999)
10. Wellich,
Dietmar (2000), Theory of Public Finance
in a Federal State ,
Cambridge , UK . (WD)
TESIS
Deskripsi
Tesis
ini merupakan tugas akhir bagi mahasiswa Master Perencanaan Pembangunan, berupa
penelitian ilmiah yang membahas suatu permasalahan secara mendalam sesuai
dengan dengan bidang konsentrasi yang diambil oleh mahasiswa tersebut.
Bahan
Bacaan
Buku
Panduan pembuatan Thesis